10 Urutan Step Skincare untuk Menyehatkan Kulit

Skincare saat ini banyak digemari oleh para wanita, khususnya remaja hingga dewasa. Dalam hal ini, terdapat beberapa step skincare yang harus kita lakukan.

10 Urutan Step Skincare untuk Menyehatkan Kulit

Step Skincare merupakan rangkaian produk perawatan kulit yang dipakai untuk menyehatkan maupun mengatasi permasalahan kulit.

Memiliki kulit wajah yang sehat dan bebas dari berbagai permasalahan kulit merupakan impian semua orang, khususnya bagi para wanita.

Namun, dalam pemakaian skincare ada tahapan-tahapan atau step yang sebaiknya dilakukan secara berurutan.

Jika Anda memakai skincare sembarangan dan tidak sesuai urutan, maka akan berdampak buruk pada kulit wajah Anda. Apakah urutan skincare Anda sudah benar?

Berikut urutan step skincare yang benar untuk menyehatkan kulit Anda.

1. Micellar Water

Step skincare yang pertama yaitu micellar water.

Step ini sebaiknya Anda lakukan sebelum mengaplikasikan pencuci wajah atau facial wash, terutama jika Anda memakai make up agar mudah terhapus dan tidak menyumbat pori-pori.

Jika Anda memakai make up dan tidak membersihkannya terlebih dahulu menggunakan micellar water, maka sisa make up dan kotoran pada wajah tidak akan terangkat secara maksimal, karena pencuci wajah saja tidak akan cukup.

2. Facial Wash atau Pencuci Wajah

Step skincare yang selanjutnya yaitu facial wash atau pencuci wajah. Fungsinya yaitu untuk mengangkat sisa-sisa kotoran, membersihkan, dan menyegarkan kulit wajah.

Dalam memakai skincare, Anda tidak boleh melewatkan step ini karena merupakan step yang penting.

Jika Anda langsung memakai pelembab tanpa mencuci wajah terlebih dahulu, maka kotoran di wajah Anda akan tertimbun dan menyebabkan masalah pada kulit wajah.

3. Eksfoliasi

Step skincare yang selanjutnya yaitu eksfoliasi. Step yang satu ini terkadang dianggap remeh, padahal eksfoliasi merupakan step yang tak kalah penting.

Fungsi eksfoliasi yaitu untuk mengangkat kotoran dan sel-sel kulit mati di wajah.

Namun, step ini tidak direkomendasikan untuk dilakukan setiap hari karena dapat merusak lapisan kulit.

Lakukanlah eksfoliasi cukup 2-3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Toner

Step skincare yang selanjutnya yaitu toner. Step toner seringkali dilewatkan dan dianggap remeh, padahal toner sangat bermanfaat bagi yang memiliki kulit mudah berjerawat dan berminyak.

Fungsi toner yaitu untuk menyeimbangkan pH kulit dan juga untuk menyegarkan kulit wajah yang kering setelah dibersihkan.

5. Essence

Step skincare yang selanjutnya yaitu essence. Step ini berguna untuk menjaga atau memberi kelembaban kulit agar siap menerima manfaat dari produk skincare yang selanjutnya dipakai.

Tekstur essence yaitu cair dan sangat ringan sehingga dapat meresap dengan baik ke lapisan kulit paling dalam untuk merawat kulit dari dalam. Essence memiliki sekitar 1-2 bahan aktif berupa konsentrat.

6. Serum

Step skincare yang selanjutnya yaitu serum. Step ini juga tak kalah penting dan sebaiknya tidak Anda lewatkan.

Serum mengandung nutrisi yang berupa bahan-bahan dalam konsentrat sehingga serum memiliki peran yang sangat penting untuk perawatan kulit wajah.

Bahan-bahan yang terkandung dalam serum dapat menyerap dengan baik ke lapisan kulit terdalam.

7. Sheet Mask

Step yang selanjutnya yaitu sheet mask. Step ini sebenarnya opsional tetapi tak kalah penting karena berfungsi melembabkan dan menutrisi kulit.

Pemakaian sheet mask tidak direkomendasikan setiap hari, melainkan Anda disarankan untuk mengaplikasikan sheet mask cukup 3 kali dalam seminggu.

8. Krim Mata

Step yang selanjutnya yaitu krim mata. Sesuai namanya, step ini dikhususkan untuk merawat area sekitar mata.

Krim mata atau eye cream berfungsi untuk melawan tanda penuaan pada kulit dan membantu melembabkan kulit di area mata.

Selain itu, krim mata juga dapat berfungsi mengencangkan kulit.

9. Moisturizer atau pelembab

Step yang selanjutnya yaitu moisturizer atau krim pelembab. Step ini merupakan step yang sangat penting untuk melembabkan kulit di area wajah.

Selain itu, pelembab atau moisturizer juga berfungsi untuk menyamarkan garis halus dan keriput.

Krim pelembab atau moisturizer terbagi menjagi dua jenis, yaitu krim siang dan krim malam yang memiliki kandungan dan manfaat yang berbeda.

Jika Anda melewatkan step ini, kulit Anda akan mengalami berbagai permasalahan.

10. Sunscreen

Step yang terakhir yaitu sunscreen atau tabir surya. Step ini sangat penting dan jika dilewatkan akan menimbulkan berbagai permasalahan pada kulit, terutama akibat paparan sinar ultraviolet.

Sunscreen berfungsi sebagai tameng untuk melindungi kulit Anda dari sinar matahari yang berbahaya jika terkena kulit.

Gunakan sunscreen ketika Anda akan beraktivitas di dalam terutama di luar rumah.

Kesimpulan

Demikian artikel tentang urutan step skincare yang benar untuk menyehatkan kulit. Anda tidak boleh menggunakan skincare dengan sembarangan, tetapi harus sesuai dengan urutan.

Untuk memilih bahan atau kandungan skincare pun tidak boleh sembarangan, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter kulit terlebih dahulu.

Leave a Comment