4 Daftar Film Sejarah Kemerdekaan Indonesia

Film Kemerdekaan Indonesia sebetulnya terinspirasi dari perjuangan para pahlawan yang melawan pada saat masa penjajahan. Film ini biasanya ditayangkan setiap hari kemerdekaan.

4 Daftar Film Sejarah Kemerdekaan Indonesia

Film yang tak kalah seru dan menantang yaitu film sejarah kemerdekaan Indonesia. Film-film tersebut terinspirasi dari perjuangan para pahlawan Indonesia dalam melawan para penjajah hingga mencapai kemerdekaan.

Biasanya, film-film yang menceritakan tentang sejarah kemerdekaan Indonesia ditayangkan di berbagai stasiun televisi setiap hari kemerdekaan yaitu pada 17 Agustus 2022.

Maka dari itu, saat hari kemerdekaan tiba, selain berpartisipasi dalam pesta dan perlombaan, Anda bisa menonton film-film sejarah kemerdekaan Indonesia.

Dengan menonton film-film tentang sejarah kemerdekaan, Anda dapat mempelajari sikap nasionalisme, mengamalkan nilai-nilai Pancasila, dan menghormati jasa-jasa para pahlawan.

Berikut kumpulan film sejarah kemerdekaan Indonesia yang bisa Anda tonton.

  1. Merah Putih (2009)

Film sejarah kemerdekaan Indonesia yang pertama yaitu Merah Putih. Film ini dirilis pada tahun 2009 silam.

Film tentang kemerdekaan Indonesia ini merupakan bagian dari film Trilogi Merdeka.

Film ini menceritakan tentang perjuangan masyarakat Indonesia pada tahun 1947 dalam melawan Belanda yang menjajah Indonesia.

Tomas, Amir, Soerono, Marius, dan Dayan merupakan lima tokoh utama kadet yang mengikuti pelatihan militer di Kota Semarang, Jawa Tengah.

Masing-masing dari mereka memiliki latar belakang, agama, dan suku yang berbeda.

Pada suatu hari, tempat mereka latihan militer diserang oleh tentara Belanda. Serangan dari Belanda tersebut merenggut nyawa semua kadet, kecuali Tomas, Amir, Marius, dan Dayan.

Mereka pun bergabung dalam pasukan gerilya yang berada di pedalaman Jawa. 

Di tempat itu, mereka menyusun taktik atau strategi yang bertujuan untuk mengalahkan Belanda.

2. Darah Garuda (2010)

Film sejarah kemerdekaan Indonesia yang selanjutnya yaitu Darah Garuda.

Sama seperti film Merah Putih, Darah Garuda juga merupakan salah satu bagian dari film Trilogi Merdeka. Film ini dirilis pada tahun 2010 silam.

Film Darah Garuda ialah sekuel lanjutan dari film Merah Putih.

Film ini menceritakan tentang para pahlawan dan masyarakat Indonesia yang berjuang demi kemerdekaan Indonesia.

Di film ini, mereka terpecah belah karena terjadi konflik yang rumit tentang kelas sosial, agama, dan kepribadian.

Para kadet mendapat tugas rahasia untuk melakukan penyerangan terhadap lapangan udara yang akan membalikkan perlawanan para pemberontak yang melakukan kezaliman pada Agustus 1947.

Mereka pun bertemu dengan para pejuang lain di hutan belantara. Demi menyelamatkan kekasih mereka, keempat pemuda itu pun bersatu untuk melancarkan penyerangan terhadap tempat yang dikuasai Belanda.

3. Hati Merdeka (2011)

Film sejarah kemerdekaan Indonesia yang selanjutnya yaitu Hati Merdeka.

Film ini merupakan bagian dari film Trilogi Merdeka, sama seperti film Merah Putih, Darah Garuda, dan Hati Merdeka. Film ini dirilis pada tahun 2011 silam.

Film ini merupakan lanjutan dari film Darah Garuda. Setelah keempat pemuda tersebut menyelesaikan banyak misi hingga kehilangan banyak pejuang, pimimpinan mereka yaitu Amir mengundurkan diri.

Hal ini menguji kesetiaan Tomas, Dayan, dan Marius. Meskipun tanpa pemimpin, mereka pun melakukan perjalanan ke Pulau Bali yang merupakan tempat tinggal Dayan untuk membalas dendam kepada orang-orang Belanda yang telah menghabisi nyawa keluarga Tomas.

Akhirnya, Tomas dipilih sebagai pemimpin baru mereka.

Pemuda-pemuda itu pun menghadapi konflik dan rintangan baru hingga Tomas dan pasukannya meraih kemerdekaan Indonesia.

4. Soekarno (2013)

Film sejarah kemerdekaan Indonesia yang selanjutnya yaitu Soekarno.

Film ini menceritakan tentang kehidupan Soekarno yang merupakan presiden Indonesia pertama,

dari masa kecil hingga ia menjadi pahlawan dan memproklamasikan kemerdekaan Indonesia dengan Bung Hatta.

Film ini menceritakan tentang seorang pemuda bernama Soekarno yang mempunyai cita-cita untuk membebaskan Indonesia dari dari penjajahan Belanda.

Pemerintah Hinda Belanda pun menangkap Soekarno pada tahun 1942 dan memasukannya ke dalam penjara di Bandung, Jawa Barat.

Disaat ia meratapi nasibnya, Soekarno tiba-tiba menemukan strategi untuk melawan para penjajah dengan cara menyampaikan orasi pembelaan yang berjudul “Indonesia Menggugat”.

Orasi tersebut disampaikan dalam persidangannya yang berlokasi di Pengadilan Negeri Bandung.

Kesimpulan

Demikian artikel yang membahas tentang kumpulan film sejarah kemerdekaan Indonesia. Film-film tersebut diantaranya Merah Putih, Darah Garuda, Hati Merdeka, dan Soekarno.

Film-film ini biasanya ditayangkan di televisi nasional setiap hari kemerdekaan Indonesia yaitu pada tanggal 17 Agustus 1945.

Oleh karena itu, selain berpartisipasi dalam perlombaan dan pesta HUT RI,

Anda juga bisa menonton film-film ini untuk menambah rasa cinta terhadap Tanah Air Indonesia.

Leave a Comment