4 Kumpulan Tempat Wisata Edukasi yang Wajib Anda Kunjungi

Wisata Edukasi sendiri banyak di gandrungi oleh masyarakat Indonesia. Tak elak jika liburan panjang tiba, Wisata Edukasi ini selalu dipenuhi oleh wisatawan – wisatawan domestik hingga mancanegara.

4 Kumpulan Tempat Wisata Edukasi yang Wajib Anda Kunjungi

Wisata edukasi atau wisata pendidikan merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk mengunjungi tempat-tempat dipamerkannya suatu karya.

Karya-karya  tersebut dipamerkan dengan tujuan untuk mengedukasi agar pengunjung dapat menambah wawasannya.

Pengunjung bisa mendapatkan pengalaman belajar secara langsung dengan membaca atau mengamati karya-karya yang dipamerkan di tempat-tempat tersebut.

Tempat wisata edukasi biasanya ramai dikunjungi oleh para pelajar, mahasiswa, maupun orang tua.

Hal ini tentu sangat bermanfaat bagi Anda jika mengunjungi tempat-tempat tersebut karena belajar tidak harus di dalam sekolah, melainkan harus juga di luar sekolah.

Di Indonesia terdapat banyak tempat wisata pendidikan yang bisa menjadi tempat belajar maupun liburan dan pastinya sayang jika Anda lewatkan.

Berikut beberapa tempat wisata edukasi yang wajib Anda kunjungi.

  • Museum Geologi

Wisata edukasi yang pertama yaitu Museum Geologi. Museum ini berlokasi di Bandung, Jawa Barat, dan dibangun pada 16 Mei 1928 silam.

Museum ini merupakan museum bersejarah yang menjadi daya tarik wisatawan lokal maupun turis mancanegara.

Tak hanya sebagai tempat liburan, Museum Geologi Bandung juga menjadi tempat wisata pendidikan bagi kalangan pelajar, mahasiswa, sampai orang tua.

Adapun koleksi di dalam museum ini didominasi oleh ratusan jenis fosil dan bebatuan. Anda dapat membaca keterangan nama ilmiah, penemu, hingga tempat ditemukannya fosil dan bebatuan tersebut.

Di museum bersejarah ini, Anda bisa membaca informasi mengenai peristiwa bencana alam, pengolagan energi, dan segala sesuatu yang berhubungan dengan bumi.

Anda juga bisa mempelajari, membaca, bahkan menyaksikan fosil hewan-hewan purba. Jika Anda mengunjungi kota Bandung, jangan lupa untuk mengunjungi museum ini.

  • Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Wisata edukasi selanjutnya yaitu Taman Mini Indonesia Indah. Taman ini berlokasi di Jakarta Timur.

TMII merupakan salah satu tempat wisata yang ramai dikunjungi oleh berbagai lapisan masyarakat, mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Di taman ini, Anda dapat menyaksikan miniatur dari Indonesia karena taman ini menyajikan banyak informasi mengenai berbagai budaya yang ada di Tanah Air.

Misalnya rumah adat, pakaian adat, senjata, hingga alat musik berbagai daerah di Indonesia.

Anda juga bisa mengunjungi berbagai museum, diantaranya museum perangko, transportasi, dan lain-lain yang disediakan di taman ini.

  • Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Wisata edukasi selanjutnya yaitu Perpustakaan Nasional Republik Indonesia atau Perpusnas.

Perpustakaan ini berlokasi di Jakarta Pusat dan berhadapan langsung dengan Monas.

Uniknya, gedung perpustakaan ini termasuk yang tertinggi di dunia, yaitu sekitar 126,3 meter dan terdiri dari 24 lantai.

Perpustakaan terbesar di Indonesia ini terbuka untuk semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga lansia.

Koleksi buku-buku di sini sangat lengkap dan tersusun rapi, bahkan terdapat naskah-naskah kuno, buku-buku langka, hingga koleksi mancanegara.

Perpusnas menyediakan ribuan buku fisik maupun digital yang dapat dimanfaatkan oleh para para mahasiswa untuk pembelajaran kuliah.

Di perpustakaan ini Anda bisa menggunakan atau memanfaatkan fasilitas ruangan secara gratis.

Perpusnas buka setiap hari dari pukul 08.00-21.00 WIB pada hari Senin-Kamis, pukul 09.00-21.00 WIB pada hari Jumat, dan pukul 08.00-16.00 WIB pada hari Sabtu-Minggu.

  • Taman Safari Indonesia

Wisata edukasi selanjutnya yaitu Taman Safari Indonesia. Taman Safari berlokasi di Bogor, Jawa Barat, yang merupakan tempat wisata edukasi bertema lingkungan dan satwa di alam bebas.

Taman seluas 55 hektar ini didirikan pada tahun 1981 oleh Grup Oriental Siklus Indonesia pada beranggotakan tiga orang bersaudara yaitu Frans Manansang, Yansen Manansang, dan Tony Sumampau.

Taman Safari mulai diresmikan sebagai tempat wisata nasional pada tahun 1990.

Banyak sekali hewan yang dimiliki Taman Safari. Bahkan pada awal peresmian, ada sekitar 400 ekor hewan dari 100 spesies yang berasal dari 5 benua di dunia.

Koleksi hewan-hewan tersebut semakin bertambah hingga saat ini menjadi sekitar 7000 ekor dari 300 spesies.

Hewan-hewan tersebut diantaranya harimau, badak, orangutan, zebra, bahkan panda yang didatangkan langsung dari negara China.

Hingga saat ini, Taman Safari Bogor terus mengalami perkembangan dan selalu ramai pengunjung.

Jika Anda mengunjungi tempat wisata ini, Anda bisa memberi makan hewan-hewan liar seperti singa, harimau, dan lain-lain.

Kesimpulan

Demikian artikel yang membahas tentang kumpulan wisata edukasi yang wajib Anda kunjungi.

Indonesia memiliki banyak tempat-tempat wisata pendidikan yang bisa Anda jadikan tempat untuk berlibur dan menambah wawasan.

Leave a Comment