4 Masalah Kulit Wajah pada Remaja

Permasalahan kulit wajah pada remaja memang masih menjadi perhatian banyak orang. Remaja memang banyak yang mengalami masalah kulit wajah karena sedang masa pubertas.

4 Masalah Kulit Wajah pada Remaja

Permasalahan Kulit Wajah pada Remaja. Kulit merupakan lapisan pelindung tubuh yang paling luar, sehingga sangat rentan terkena debu, mikroorganisme, dan kotoran.

Mikroorganisme atau debu yang menempel pada kulit wajah dapat menyebabkan beragam permasalahan, terutama pada remaja yang memiliki kulit sensitif.

Permasalahan pada kulit wajah juga dapat disebabkan karena kurangnya kebersihan wajah dan perubahan hormon dalam tubuh.

Usia remaja merupakan usia peralihan dari masa kanak-kanak. Pada usia ini tentu remaja khususnya perempuan mulai mencoba hal-hal yang baru,

seperti memakai make up, berdandan, dan berhias untuk mempercantik diri dan memikat orang-orang di sekitarnya.

Jika memiliki kulit wajah yang sensitif dan memiliki banyak permasalahan, maka remaja tersebut kemungkinan akan mengalami stress.

Bisa kita perhatikan di media sosial, para perempuan seringkali memamerkan kecantikannya sehingga remaja yang melihatnya terkadang merasa insecure dan ingin mengikuti trend kecantikan yang dipamerkan.

Berbagai permasalahan kulit wajah pada remaja dapat Kami rangkum dalam uraian di bawah ini.

Masalah pada Kulit Wajah

Permasalahan pada kulit wajah membuat remaja merasa malu dan tidak percaya diri sehingga dapat melarikan diri dari lingkungan sosial.

1.Kulit berminyak

Produksi kelenjar minyak pada tubuh di usia remaja mulai aktif sehingga produksi minyak akan berlebih.

Hal ini membuat pori-pori terlihat lebih besar dan kulit pun menjadi licin atau mengilap karena minyak.

Selain itu, produksi minyak berlebih ini juga menyebabkan jerawat dan komedo yang jika dibiarkan meradang dapat menyebabkan rasa tidak percaya diri.

Meskipun begitu, jika permasalahan ini tidak segera diatasi, maka produksi minyak akan berlebih sehingga memicu timbulnya jerawat dan komedo yang dapat membekas.

Kandungan skincare yang dipercaya dapat mengatasi kulit berminyak yaitu asam salisilat, retinol, hyaluronic acid, dan niacinamide.

2.Kulit berjerawat

Masalah wajah remaja selanjutnya yaitu jerawat. Penyebab jerawat pada remaja biasanya disebabkan oleh perubahan hormon dan produksi minyak berlebih.

Jerawat akan menjadi lebih parah saat menstruasi dan masa pubertas karena perubahan hormon.

Sedangkan pada produksi minyak berlebih, minyak membuat debu dan kotoran lebih mudah menempel di kulit sehingga menyumbat pori.

Jika tidak dirawat dan dibersihkan dengan tepat tentu dapat membuat pori tersumbat dan memicu timbulnya jerawat.

Faktor lain yang menjadi penyebab munculnya jerawat sangat beragam, mulai dari gaya hidup yang kurang sehat, pola diet yang kurang tepat, salah menggunakan perawatan wajah, hingga faktor genetik atau keturunan.

Apabila jerawat di wajah tidak segera diatasi, maka jerawat bisa semakin meradang, menjalar ke bagian tubuh lain, dan membekas.

Agar jerawat tidak semakin parah, mulai telusuri jenis kulit Anda, perbaiki gaya hidup, rutin membersihkan area wajah, dan gunakan perawatan wajah yang tepat.

Sebaiknya gunakan skincare yang mengandung antioksidan dan antibakteri yang mampu mencegah pertumbuhan jerawat serta menjaga kesehatan kulit wajah.

3. Komedo

Komedo juga merupakan permasalahan kulit remaja yang sering terjadi. Komedo ada yang berwarna hitam dan ada yang putih.

Komedo muncul akibat minyak dan bakteri yang terperangkap di bawah permukaan kulit lalu mengeras. Daerah wajah yang paling sering terdapat komedo yaitu hidung, pipi, dan dagu.

Kandungan skincare yang dapat mengatasi permasalahan komedo pada wajah diantaranya salicylic acid, benzoyl peroxide, glycolic acid, witch hazel, retinoid dan dioic acid. Kandungan-kandungan ini dipercaya dapat mencegah munculnya komedo.

4. Warna kulit tidak merata

Tak hanya minyak, jerawat, dan komedo, warna kulit yang tidak merata pun menjadi faktor permasalahan wajah pada remaja yang dapat menyebabkan tidak percaya diri.

Umumnya, warna kulit yang tidak merata disebabkan oleh hormon, faktor usia, paparan sinar UV, hingga pemakaian produk kosmetik atau obat-obatan tertentu.

Masalah ini dapat diatasi dengan cara rutin melakukan eksfoliasi setidaknya seminggu sekali, memakai sunscreen, skincare yang mengandung retinol, vitamin C, dan bahan-bahan alami seperti aloe vera, royal jelly, serta menggunakan perawatan medis bila perlu.

Kesimpulan

Permasalahan kulit wajah pada remaja sebenarnya sangat banyak. Mulai dari kulit berminyak, berjerawat, komedo, warna tidak merata, kering, kusam, dan lain sebagainya.

Permasalahan ini dapat disebabkan oleh wajah yang kurang bersih, makanan yang kita makan, pola hidup yang kurang sehat, dan pengaruh perubahan hormon.

Jika Anda merasa memiliki permasalahan wajah, sebaiknya konsultasikan dengan dokter kulit agar dapat segera diatasi, apabila dibiarkan hingga meradang maka akan sulit diobati dan meninggalkan bekas di wajah.

Leave a Comment