5 Fakta Sungai Aare di Swiss dengan Air Sebening Kristal

Ternyata Sungai Aare yang ada di Swiss ini sangat berbahaya! Berikut 5 fakta tentang Sungai Aare.

Fakta Sungai Aare

Fakta Sungai Aare saat ini banyak dicari oleh masyarakat dunia. Terlebih setelah tersiar kabar bahwa anak dari Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yakni Emmeril Khan Mumtadz terseret arus Sungai Aare.

Indotimes sudah merangkum 5 fakta Sungai Aare untuk Kamu.

Fakta Sungai Aare

Jadi primadona wisata alam, Sungai Aare ini terkenal dengan airnya yang berwarna biru kehijauan dan sebening kristal. Nah, setelah kamu memahami tentang Sungai Aare ini, maka kamu juga harus tahu fakta-fakta menarik dari Sungai Aare. 

1. Sungai Terpanjang

Fakta Sungai Aare yang pertama adalah menjadi sungai terpanjang di Swiss. Panjang dari Sungai Aare ini mencapai 295 kilometer.

Sepanjang rutenya, sungai ini akan bertemu dengan banyak desa dan kota. Sungainya juga berkelok-kelok melalui berbagai lanskap yang sangat mengesankan. 

Sungai Aare ini akan bermuara di gletser Aare bawah dan atas di Bernese Oberland. Kemudian, arusnya akan melintasi tiga kanton Bern, Solothurn dan Aargau. Selain itu, sungai ini juga akan melewati empat danau, yakni Danau Brienz, Thun, Wohlen, dan Biel. 

Rute dari Sungai Aare ini sendiri akan berakhir di Koblenz, dimana aliran sungai akan mulai memasuki Sungai Rhine.

2. Aliran Sungai Aare Berasal dari Salju Pegunungan Alpen

Fakta Sungai Aare berikutnya adalah bahwa hulu dari Sungai Aare ini berada pada gletser Oberaar, Pegunungan Alpen, dan Bernese Timur. Air yang mengalir dari Sungai Aare ini berasal dari lelehan salju yang berasal dari Pegunungan Alpen. 

Sungai Aare ini sendiri merupakan anak dari Sungai Rhine yang berada di Koblenz, barat laut Swiss. Aliran dari Sungai Aare ini nantinya akan mengarah ke Danau Brienz dan Danau Thun, Interlaken. 

Nah, dari Danau Thun ini, aliran Sungai Aare akan melaju melintasi Bern, ibukota Swiss. Di Bern, sungai ini akan membentuk lingkaran Aare yang terkenal di sekitar kota tua Bernese.

3. Warisan Budaya Tak Benda

Pada tahun 2017 lalu, UNESCO telah menetapkan bahwa berenang di Sungai Aare termasuk dalam daftar tradisi dan warisan bagian tak benda Swiss. Ini juga merupakan salah satu fakta Sungai Aare. 

Fakta Sungai Aare 4 1

Hal ini tentu tidak mengherankan, mengingat Sungai Aare sering menjadi destinasi warga setempat untuk berenang, terutama ketika musim panas. 

4. Suhu Sungai Aare Pecahkan Rekor

Pada tahun 2018 lalu, Sungai Aare pernah memecahkan rekornya sendiri. Tepat pada tanggal 4 Agustus, suhu air dari Sungai Aare ini naik menjadi 23,5 derajat celcius, dan berhasil mencapai level tertinggi sejak 1970 silam. 

Sebelumnya, suhu dari Sungai Aare ini tetap hangat paling lama pada tahun 2016. Tepat pada tanggal 14 September suhu airnya pun mencapai 20 derajat celcius. 

Sebaliknya, pada tahun 2007 lalu, suhu air dari Sungai Aare ini tidak pernah naik melebihi 18,63 derajat celcius. Hal inilah yang membuat Sungai Aare sangat menyegarkan untuk berenang. Suhu sungainya pun sempat mencapai titik terendah pada bulan Februari, dengan rata-rata 5,35 derajat celcius. 

Suhu air Sungai Aare ini sendiri dipengaruhi oleh temperatur udara, laju pelepasan air, intensitas sinar matahari, hingga angin di atas Danau Thun. 

5. Memiliki Titik Kedalaman 200 Meter

Fakta Sungai Aare memiliki kedalaman yang sangat bervariasi. Namun, ada satu titik yang menjadi titik terdalam dari Sungai Aare, yakni berada pada jurang dekat Meiringen. 

Jurang tersebut memiliki kedalaman mencapai 200 meter. Selain itu, jurang sungai yang melintasi Bern ini juga letaknya tidak terlalu jauh dari hulu Sungai Aare. 

Tidak hanya melintasi Bern, Sungai Aare ini juga mengalir melalui sejumlah kota, seperti Solothurn, Olten, Aarau, Brugg, dan berakhir pada Koblenz. 

Aliran Sungai Aare ini akan menyatu dengan dua sungai besar kota Brugg, yakni Sungai Reuss dan Limmat. Sementara untuk kota Koblenz sendiri, akhir aliran Sungai Aare akan bermuara ke Sungai Rhein yang merupakan salah satu sungai terpanjang di Eropa. 

Keren! Fakta Dibalik Keindahan Sungai Aare

Sebenarnya masih ada banyak sekali fakta Sungai Aare yang bisa kamu tahu. Mulai dari tradisi berenang bersama anjing, terkenal akan kualitas airnya yang bagus, sumber listrik untuk kereta gantung, hingga memiliki daerah pinggiran yang termasuk kawasan konservasi. Jadi, apakah kamu tertarik ke Sungai Aare ini?

Leave a Comment