5 Rekomendasi Tempat Wisata Jogja yang Hits dan Populer

Yogyakarta terkenal sebagai kota pelajar yang banyak digemari para calon mahasiswa yang ingin melanjutkan ke jenjang perkuliahan. Banyak Wisata Jogja yang menarik disana.

5 Rekomendasi Tempat Wisata Jogja yang Hits dan Populer

Daerah Istimewa Yogyakarta atau yang lebih dikenal dengan Kota Jogja merupakan suatu wilayah yang berbatasan langsung dengan Jawa Tengah.

Siapa yang tak kenal Jogja, kota yang memiliki banyak tempat wisata Jogja yang hits, populer, dan cocok untuk dijadikan spot foto.

Banyak mahasiswa yang merantau untuk melanjutkan pendidikan di kota ini karena terdapat banyak kampus favorit di sini, mulai dari kampus negeri hingga swasta, seperti Universitas Gadjah Mada, Universitas Islam Indonesia, dan masih banyak lagi.

Salah satu hal yang menarik di kota ini yaitu pemandangan alam di Jogja yang indah dan masih asri. Jogja juga merupakan kota yang berbentuk kesultanan,

sehingga banyak terdapat keraton di pusat kota. Hal ini tentu dapat menarik minat wisatawan lokal maupun turis asing untuk berlibur ke kota yang istimewa ini.

Berikut rekomendasi tempat wisata Jogja yang bisa Anda kunjungi

  1. Malioboro

Rekomendasi tempat wisata Jogja pertama yaitu Malioboro. Nama Jalan Malioboro sudah tak asing lagi bagi orang yang pernah maupun belum pernah mengunjungi jalan ini.

Malioboro merupakan salah satu nama jalan yang ramai dikunjungi penduduk lokal maupun wisatawan saat berlibur ke Jogja.

Jalan Malioboro populer dengan pedagang-pedagang kaki lima yang menjajakan dan menawarkan kerajinan khas dari Jogja.

Selain itu, terdapat warung-warung lesehan yang menjual kuliner khas Jogja di malam hari.

Selain sebagai pusat berburu kerajinan dan cinderamata, Malioboro juga merupakan tempat yang sangat erat kaitannya dengan sejarah perkembangan Kota Jogja.

Wisatawan sangat mudah mengunjungi tempat ini karena berlokasi di titik 0 kilometer Kota Jogja.

Sampai saat ini, Malioboro ramai dikunjungi oleh penduduk lokal maupun wisatawan.

2. Tugu Jogja

Rekomendasi tempat wisata Jogja selanjutnya yaitu Tugu Jogja. Tugu Jogja atau Tugu Pal Putih merupakan sebuah ikon Kota Jogja yang terkenal di Indonesia.

Tugu yang unik ini terletak di Jalan Jenderal Soedirman dan Margo Utomo.

Selain terlihat unik, tugu ini menjadi saksi sejarah yang sangat penting bagi penduduk Jogja.

Tugu yang semula memiliki tinggi 25 meter ini diketahui menyusut 10 meter menjadi 15 meter sejak renovasi Golong Gilig.

Sampai saat ini, Tugu Jogja ramai dikunjungi dan menjadi tujuan wisata bagi wisatawan yang berasal dari dalam maupun luar Jogja.

3. Pantai Parangtritis

Rekomendasi tempat wisata Jogja selanjutnya yaitu Pantai Parangtritis. Jogja memang memiliki pemandangan yang indah nan asri yang mampu menarik minat wisatawan lokal maupun mancanegara.

Selain bangunan-bangunan bersejarah, Jogja juga memiliki pantai yang indah dan menjadi salah satu tujuan wisata, salah satunya yaitu Pantai Parangtritis.

Pantai ini dipercaya memiliki banyak cerita sejarah dan mitos-mitos yang diyakini oleh masyarakat.

Parangtritis merupakan pantai yang terkenal memiliki ombak besar. Tak heran jika pantai ini menjadi tempat yang cocok untuk berselancar, terutama bagi wisatawan asing.

Namun, Anda tidak disarankan untuk mencoba bermain selancar jika Anda belum pernah mengunjunginya. Hal ini karena ombak di pantai ini cukup besar dan berbahaya.

Jika Anda mengunjungi Pantai Parangtritis, Anda bisa menikmati keindahan sunset atau matahari tenggelam di sore hari.

4. Gunung Merapi

Rekomendasi tempat wisata Jogja selanjutnya yaitu Gunung Merapi. Siapa yang tak kenal dengan Gunung Merapi, gunung yang pernah meletus pada tahun 2006 dan 2010 silam ini merupakan salah satu tujuan wisata bagi penduduk setempat dan wisatawan.

Gunung ini terletak di antara dua provinsi, yaitu Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Gunung ini merupakan salah satu gunung berapi di Indonesia yang masih aktif dan bisa meletus kapan saja.

Di sekitaran gunung ini terdapat beberapa objek wisata, yaitu Kaliurang, Lava Tour, dan lain-lain.

5. Candi Prambanan

Rekomendasi tempat wisata Jogja yang terakhir yaitu Candi Prambanan. Candi ini merupakan candi hindu terbesar yang berlokasi di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Candi Prambanan sangat lekat dengan mitos yang konon dibangun oleh jin dan makhluk halus yang menjadi bukti cinta Bandung Bondowoso kepada Roro Jonggrang.

Sejak tahun 1991, Candi Prambanan diakui sebagai Situs Warisan Dunia.

Jika Anda berkunjung ke candi yang bersejarah ini, Anda dapat menikmati suasana di sekitar candi dan berfoto ria.

Kesimpulan

Demikian artikel yang membahas tentang rekomendasi tempat wisata Jogja yang hits. Banyak sekali tempat wisata di Jogja, mulai dari bangunan-bangunan bersejarah hingga pantai dan gunung yang indah.

Jika Anda berkunjung ke kota ini, jangan lupa untuk mengunjungi tempat-tempat wisata di atas.

Leave a Comment