6 Cara Mencegah Diabetes Sedini Mungkin dengan Tips Berikut Ini

Mencegah Diabetes sedini mungkin bisa dengan mengurangi asupan Karbo atau makanan yang dapat meningkatkan kadar gula Anda.

6 Cara Mencegah Diabetes Sedini Mungkin dengan Tips Berikut Ini

Mencegah diabetes agar Anda tidak menyesal di kemudian Hari. Diabetes merupakan penyakit atau kondisi medis kronis yang dapat menjangkit siapa saja.

Diabetes yang tidak dirawat dan ditangani dengan baik maka dapat menyebabkan kebutaan, gagal ginjal, penyakit jantung, dan kondisi serius lainnya.

Perlu Anda ketahui, sebelum diagnosis diabetes kadar gula darah Anda mungkin tinggi tetapi terdapat kondisi jika kadar gula tidak cukup tinggi untuk mengindikasikan diabetes. Hal ini disebut sebagai pradiabetes.

Diperkirakan bahwa hingga 37% orang dengan pradiabetes yang tidak diobati atau ditangani lebih lanjut akan berkembang menjadi diabetes tipe 2 dalam waktu kurang lebih 4 tahun. 

Oleh karena itu, berikut adalah 11 cara untuk menurunkan risiko terkena diabetes yang perlu Anda ketahui.

6 Cara Mencegah Diabetes

  1. Mencegah Diabetes dengan Kurangi Asupan Karbo

Kuantitas dan kualitas asupan karbohidrat merupakan faktor penting yang perlu dipertimbangkan saat melakukan perubahan pola makan untuk membantu mencegah diabetes.

Perlu Anda ketahui jika tubuh akan memecah karbohidrat menjadi molekul gula kecil, yang kemudian akan diserap ke dalam aliran darah.

Oleh karena itu kenaikan gula darah yang dihasilkan merangsang pankreas Anda untuk memproduksi insulin, hormon yang membantu gula berpindah dari aliran darah ke sel-sel Anda.

Pada penderita pradiabetes, sel-sel tubuh resisten terhadap insulin, sehingga gula darah tetap tinggi.

Untuk mengimbanginya, pankreas memproduksi lebih banyak insulin, berusaha menurunkan gula darah.

Seiring waktu tentu saja hal ini dapat menyebabkan kadar gula darah dan insulin semakin tinggi hingga kondisinya berubah menjadi diabetes. 

Contoh makanan dan minuman tinggi gula tambahan atau karbohidrat olahan termasuk soda, permen, makanan penutup, roti, pasta, dan sereal sarapan manis.

Sayuran non-tepung seperti brokoli dan jamur, buah utuh, oatmeal, dan roti gandum dan pasta adalah pengganti yang lebih sehat.

Pilihan ini lebih tinggi serat, yang membantu mengurangi lonjakan gula darah.

Protein tanpa lemak seperti ikan dan lemak sehat dari minyak zaitun, alpukat, kacang-kacangan, dan biji-bijian juga kurang berpengaruh pada gula darah.

Mereka adalah tambahan yang bagus untuk diet Anda untuk membantu mencegah diabetes tipe 2.

  1. Berolahraga Secara Teratur dapat Mencegah Diabetes

Melakukan aktivitas fisik secara teratur dapat membantu mencegah diabetes. Orang dengan pradiabetes sering mengalami penurunan sensitivitas insulin, juga dikenal sebagai resistensi insulin.

Dalam keadaan ini, pankreas Anda harus membuat lebih banyak insulin untuk mengeluarkan gula dari darah dan masuk ke dalam sel.

Oleh karena itu dengan melakukan olahraga dapat meningkatkan sensitivitas insulin sel Anda, artinya Anda membutuhkan lebih sedikit insulin untuk mengatur kadar gula darah Anda.

Terdapat banyak jenis aktivitas fisik telah terbukti mengurangi resistensi insulin dan gula darah pada orang dewasa dengan pradiabetes atau diabetes tipe 2.

Ini termasuk latihan aerobik, pelatihan interval intensitas tinggi dan latihan kekuatan otot.

  1. Minum Air Putih yang Cukup

Sudah bukan rahasia umum jika mengonsumsi air putih dapat memberikan banyak manfaat seperti mencegah diabetes.

Dengan mengonsumsi air putih yang cukup dapat membantu untuk menjaga kadar cairan tubuh sehingga tubuh tidak akan mengalami gangguan pada beberapa fungsi tubuh seperti pencernaan, sirkulasi, ginjal, dan dapat mempertahankan suhu tubuh tetap normal.

  1. Coba Turunkan Berat Badan Anda

Membawa berat badan ekstra dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2.

Secara khusus, jika Anda mengalami kelebihan berat badan di bagian tengah tubuh dan di sekitar organ perut Anda dikaitkan dengan resistensi insulin, peradangan, pradiabetes, dan diabetes tipe 2.

Terdapat berbagai cara untuk penurunan berat badan yang sehat seperti menyiapkan piring seimbang dengan sayuran non-tepung, protein tanpa lemak, karbohidrat kompleks, dan lemak sehat adalah awal yang baik.

  1. Kurangi Porsi Makan

Makan dengan ukuran porsi yang sesuai dengan kebutuhan Anda juga dapat membantu mencegah diabetes.

Makan terlalu banyak pada satu waktu telah terbukti menyebabkan kadar gula darah dan insulin lebih tinggi pada orang yang berisiko diabetes.

Sebaliknya, makan dalam porsi yang lebih kecil dapat menyebabkan pengurangan asupan kalori dan penurunan berat badan berikutnya, yang pada gilirannya dapat menurunkan risiko diabetes.

  1. Cobalah untuk Tidak Merokok

Terakhir jika Anda adalah seorang perokok perlu Anda ingat jika merokok dapat menyebabkan resistensi insulin, yang dapat menyebabkan diabetes tipe 2 maka sebaiknya kurangi dan hentikan merokok untuk kesehatan tubuh Anda.

Itulah beberapa tips untuk mencegah diabetes yang dapat Anda lakukan di rumah, Anda dapat mengonsumsi makanan yang sehat dan jangan lupa untuk berolahraga.

#olahraga #kesehatan

Leave a Comment