Aplikasi MyPertamina: Pengertian, Cara Daftar dan Fungsinya

Mulai tanggal 1 Juli 2022, pembeli bahan bakar Pertalite harus mendaftar terlebih dahulu melalui aplikasi MyPertamina. Kebijakan ini bertujuan agar kuota pertalite tidak habis akibat dampak geopolitik yang sedang panas. Bagi kamu yang belum mengetahui tentang aplikasi ini, maka simak terus penjelasan pada artikel Indotimes berikut ini.

Pengertian Aplikasi MyPertamina

MyPertamina merupakan layanan keuangan digital milik salah satu perusahaan BUMN yaitu Pertamina, yang terintegrasi dengan layanan digital LinkAja. Dengan aplikasi ini, harapannya bisa memberi kemudahan pelanggan saat melakukan pembelian produk bahan bakar dari Pertamina.

Beberapa keuntungan yang ditawarkan kepada pelanggan salah satunya adalah mendapatkan poin yang bisa ditukar dengan berbagai rewards melalui aplikasi tersebut sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku. Aplikasi bisa kamu dapatkan melalui Play Store atau App Store bagi pengguna smartphone Android maupun iOS.

Cara Daftar MyPertamina

Terdapat dua cara yang bisa kamu lakukan untuk mendaftar aplikasi MyPertamina, yaitu melalui website atau tanpa aplikasi dan melalui aplikasi smartphone. Berikut ini cara-caranya:

1. Mendaftar Melalui Website

Berikut ini langkah-langkah yang harus kamu lakukan saat memilih pendaftaran via website :

  • Siapkan dokumen yang dibutuhkan untuk melakukan pendaftaran seperti KTP, foto kendaraan, STNK, dan dokumen pendukung yang lainnya.
  • Buka situs web subsiditepat.mypertamina.id
  • Centang semua informasi jika kamu sudah memahami persyaratannya.
  • Pilih daftar sekarang dan ikuti semua instruksi pendaftaran dalam website tersebut.
  • Tunggu pencocokan data selama maksimal 7 hari kerja melalui email yang kamu daftarkan atau bisa juga kamu mengecek status pendaftaran secara berkala pada situsnya.
  • Jika berhasil terkonfirmasi, kamu akan mendapat kode QR khusus sebagai tanda bahwa data cocok dan kamu bisa mulai membeli Pertalite maupun solar dari Pertamina.

2. Mendaftar Melalui Aplikasi pada Smartphone

Berikut ini langkah yang perlu kamu lakukan untuk melakukan pendaftaran melalui aplikasi MyPertamina:

  • Download dan install aplikasi di smartphone masing-masing.
  • Buka aplikasi dan lakukan pendaftaran sesuai instruksi sampai kamu mendapatkan PIN untuk login.
  • Login akun dengan cara memasukkan nomor telepon dan PIN yang sudah kamu dapatkan sebelumnya.
  • Pada halaman awal, kamu perlu menghubungkan aplikasi dengan layanan LinkAja agar bisa melakukan transaksi pembelian Pertalite maupun solar.
  • Setelah kedua aplikasi berhasil terhubung, maka kamu sudah bisa melakukan pembelian. Pastikan saldo pada aplikasi cukup untuk membeli BBM.
  • Saat kamu akan membayar, pilih saja opsi “Bayar” yang terdapat pada halaman awal aplikasi.
  • Pindai kode QR dari petugas SPBU Pertamina.
  • Jika kamu ingin melakukan konfirmasi pembelian, maka masukkan PIN dari akun LinkAja.
  • Jika pembayaran sudah terkonfirmasi, maka saldo dari akun LinkAja akan terpotong secara otomatis. 

Perlu kamu ingat bahwa, aplikasi ini bisa kamu gunakan untuk membeli semua jenis BBM di SPBU Pertamina, tidak hanya solar dan Pertalite saja.

Fungsi Aplikasi MyPertamina

Berikut ini beberapa fungsi dari aplikasi untuk membeli bahan bakar di SPBU:

1. Memberikan Info Riwayat Pembelian dan Poin

Jika kamu menggunakan aplikasi ini, maka semua riwayat pembelian yang sebelumnya kamu lakukan akan tercatat rapi. Selain itu ada juga pemberitahuan jumlah poin dari pembelian BBM, seperti 10 poin untuk jenis Pertamax Turbo dan Pertamax Dex, 3 poin untuk Pertamax dan Dexlite.

Kemudian jika kamu berhasil mendapatkan 80.000 poin, maka akan mendapatkan kesempatan untuk memperoleh merchandise menarik berupa Emko Brik dari SPBU Pertamina. Lalu jika poin berjumlah 100.000, kamu bisa menukarkan dengan merchandise Die Cast Truck atau Die Cast Lambo.

2. Tempat Pembelian Merchandise Online

Bagi kamu yang tertarik membeli merchandise dari Pertamina, sekarang tidak perlu repot datang ke offline store. Melalui aplikasi MyPertamina, kamu bisa membeli beragam merchandise berupa stiker, gantungan kunci, kaos, dan banyak pilihan lainnya.

3. Memesan BBM ke Rumah

Melalui aplikasi, kamu bisa memesan BBM untuk diantar ke alamat rumah. Namun layanan ini masih dalam tahap uji coba di kawasan Jakarta Selatan dan hanya bisa memesan BBM varian Bright Gas.

4. Memberi Info Lokasi Charging Station

aplikasi MyPertamina

Pada aplikasi MyPertamina, kamu bisa melihat fitur yang menampilkan informasi tentang lokasi Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). Namun fitur ini masih dalam proses pengembangan dan akan diuji coba terlebih dahulu.

5. Memberi Informasi Outlet Terdekat

Selain charging station, aplikasi juga mempunyai fitur untuk menunjukkan peta lokasi SPBU terdekat dari lokasi kamu sebagai pengguna. Sehingga saat berada di tempat baru atau sedang dalam perjalanan di lokasi baru, kamu tidak akan kesulitan lagi mencari SPBU terdekat dan tinggal ikuti saja petanya.

Sudah Daftar Aplikasi MyPertamina?

Itulah pengertian, cara mendaftar, dan fungsi aplikasi MyPertamina yang bisa kamu download melalui smartphone. Pastikan mempelajari semua fiturnya terlebih dahulu sebelum mencoba melakukan pembelian pertama.

Leave a Comment