Pengertian, Manfaat, dan Cara Menggunakan VPN

Tahukah kamu, pengertian, manfaat, dan cara menggunakan VPN? Yuk simak penjelasan di artikel berikut untuk mengetahui selengkapnya!

cara menggunakan vpn

Pada zaman dahulu, Virtual Private Network (VPN) hanya berfungsi sebagai alat untuk menghubungkan jaringan gedung perkantoran secara aman. Namun sekarang, VPN bisa kamu gunakan untuk mendapatkan koneksi internet secara jarak jauh dan aman. Artikel ini akan menjelaskan cara menggunakan VPN dan pengertiannya.

Apa Itu VPN?

Virtual Private Network atau lebih populer dengan sebutan VPN merupakan sebuah layanan koneksi yang bisa memudahkan kamu untuk mengakses situs website secara pribadi dan lebih aman melalui server. Cara kerjanya yaitu dengan menyembunyikan pertukaran data saat terjadi proses akses tersebut.

Secara sederhana, VPN akan mengkoneksikan perangkat keras seperti komputer, tablet, atau smartphone di tempat yang terhubung internet. Kemudian mengizinkan kamu untuk menjelajah internet melalui jaringan internet yang terdapat pada komputer atau perangkat tersebut.

Jika komputer server berada di negara berbeda, kamu juga akan terdeteksi menggunakan negara tersebut untuk menjelajah internet. Sehingga kamu bisa lebih bebas mengakses situs yang tidak bisa kamu akses dari negara kamu sendiri. 

Manfaat Virtual Private Network (VPN)

Sebelum mengetahui tentang cara menggunakan VPN, kamu perlu mengetahui apa saja manfaatnya terlebih dahulu.

1. Pengamanan Data di Jaringan Publik

Manfaat VPN yang paling utama yaitu melindungi proses pertukaran data dari WiFi maupun jaringan lain yang mencurigakan. Hal ini sangat membantu saat kamu menggunakannya di tempat umum seperti bar, kafe, dan sejenisnya.

2. Mengamankan Informasi Pribadi secara Anonim

VPN akan menyembunyikan lokasi kamu secara langsung atau real time. Sehingga tidak sembarangan orang bisa mengetahui dimana lokasi kamu saat mengakses suatu situs. Pada umumnya lokasi yang terdeteksi merupakan lokasi dari server VPN.

3. ByPass

Jika kamu sudah mengetahui cara menggunakan VPN, maka kamu akan mengalami pembatasan secara geografi dari situs video atau streaming. Contohnya yaitu situs yang berbahaya dan telah diblokir oleh pemerintah setempat dan sebagainya.

4. Data Dienkripsi

Saat terjadi proses pertukaran data dengan situs web, maka data kamu akan secara otomatis dienkripsi. Sehingga jika ada seseorang yang melihat kiriman dari komputer, tidak akan bisa mengetahui data mentahnya melainkan hanya melihat informasi yang sudah terenkripsi tersebut.

5. Enkripsi Informasi Perangkat

Manfaat selanjutnya ini memberikan keuntungan yaitu orang lain tidak bisa mengidentifikasi dengan mudah perangkat yang kamu gunakan dan apa yang kamu lakukan.

Cara Menggunakan VPN yang Benar dan Aman

Terdapat beberapa cara memakai VPN yang bisa kamu aplikasikan melalui ponsel maupun PC. Berikut ini caranya:

1. Cara Memakai VPN di Ponsel

Cara pertama adalah penggunaan melalui ponsel Android dengan langkah-langkah sebagai berikut: 

  • Masuk pada Google Play Store untuk mengunduh VPN.
  • Setelah berhasil mengunduh, buka aplikasi VPN.
  • Pilihlah pada Quick Connect agar kamu bisa terhubung langsung dengan server secara optimal. Kamu juga bisa scroll ke bawah untuk memilih negara dari daftar yang tersedia.

Cara kedua yaitu penggunaan VPN melalui iOS dengan langkah-langkah sebagai berikut :

  • Buka App Store untuk mengunduh aplikasi VPN.
  • Buka aplikasi VPN dengan cara mengetuk ikon yang terpasang.
  • Klik daftar untuk membuat akun baru, kemudian pilih masuk jika kamu sudah memiliki akun sebelumnya.
  • Klik Quick Connect untuk menghubungkan VPN secara instan. Lalu scroll ke bawah untuk memilih server negara yang tersedia.

2. Cara Menggunakan VPN di PC

cara menggunakan vpn

Setelah menyimak cara menggunakan VPN di ponsel, kamu juga bisa memasang VPN pada komputer atau laptop dengan sistem operasi Windows. Berikut ini langkah-langkah penggunaannya:

  • Unduh aplikasi VPN dan lakukan instalasi sesuai petunjuknya.
  • Buka aplikasi dengan klik ikon yang terpasang pada layar beranda atau melalui menu Start.
  • Masuklah ke akun yang sudah kamu buat sebelumnya.
  • Pilih server atau negara yang kamu inginkan.
  • Untuk cara yang lebih instan, sama seperti langkah di ponsel. Kamu cukup klik Quick Connect saja.
  • Kemudian jika sudah berhasil, maka status connected akan muncul dan VPN siap kamu gunakan.

Selain dengan mengunduhnya secara manual, kamu bisa menjadikan VPN sebagai ekstensi browser seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, dan Edge. 

Kapan Harus Menggunakan VPN?

Setelah mengetahui cara menggunakan VPN, kamu sebaiknya menggunakannya pada aktivitas berikut:

  • Menyembunyikan aktivitas kamu dari orang yang ingin mengetahui secara sembunyi-sembunyi.
  • Menyembunyikan lokasi dan mengizinkan kamu untuk mengakses situs yang diblokir berdasarkan wilayah geografis tertentu.
  • Memastikan kamu tetap menjadi anonim dalam suatu situs web.
  • Membantu kamu untuk mendapatkan koneksi internet yang lebih aman saat penggunaan WiFi publik.
  • Mengenkripsi aktivitas kamu pada situs web tertentu.

Yuk Gunakan VPN untuk Keamanan saat Menjelajahi Internet!

Setelah mengetahui pengertian, manfaat, dan cara menggunakan VPN, maka kamu bisa segera menerapkan langkah-langkah penggunaan di atas. Selain itu, kamu juga bisa mempelajari cara membuat VPN server menggunakan Ubuntu, Android, atau sistem operasi lain yang mendukung fitur VPN.

Leave a Comment