5 Desa Terindah Di Dunia Ada di Alsace, Prancis

Temukan dan jelajahi desa terindah di dunia yang instagrammable dan unik yang terletak di Alsace, Prancis Timur ini!

desa terindah di dunia

Prancis memang salah satu negara yang selalu menarik untuk dijelajahi.

Tidak cukup hanya dengan mengunjungi kota Paris dengan suasana romantisnya, desa-desa di Perancis yang keindahannya bak negeri dongeng juga rasanya sayang untuk dilewatkan.

Hampir setiap sudut dari desa terindah di dunia ini sangat indah dan penuh dengan nilai-nilai seni dan instagrammable, sehingga sangat wajib untuk diabadikan. 

Kamu akan melihat deretan rumah dengan cat warna-warni, bunga-bunga yang menggantung indah di dinding, tepian kanal yang bening dan bersih, lampu dinding klasik, serta jalan-jalan berbatu yang unik sehingga menyajikan suasana pedesaan ala Prancis yang damai dan khas.

Alsace adalah salah satu provinsi di Prancis TImur yang bisa menawarkan semua kemegahan dan keindahan tersebut untuk kamu.

Desa-desa instagrammable dan menawan di Prancis ini dialiri kanal-kanal (sungai) kecil yang membelh desa di antara rumah-rumah yang berderet rapat.

Kamu bisa menelusuri kanal-kanal ini dengan menaiki perahu atau bus air yang tersedia, kamu tinggal duduk manis sambil menikmati pemandangan pedesaan yang khas.

Lalu dimanakah letak desa terindah di dunia itu?

Kamu bisa mengunjungi desa terindah di dunia ini yang berada di Provinsi Alsace, Prancis bagian timur yang berdekatan dengan Jerman.

Yuk, intip keindahan desa-desa tercantik di dunia ini!

5 Desa Terindah di Dunia Bagaikan Dunia Dongeng di Alsace, Prancis

1. Riquewihr

Riquewihr adalah sebuah kota kecil di Alsace, Prancis, sekitar 11 km dari Colmar.

Kota ini juga hanya beberapa menit saja dari desa terindah lainnya seperti Ribeauville, Eguisheim, dan Kaysersberg yang akan kita bahas juga nantinya.

Sama seperti Eguisheim, kota Riquewihr juga merupakan anggota asosiasi Les Plus Beaux Villages de France (The Most Beautiful Villages in France) atau asosiasi yang anggotanya merupakan desa atau kota kecil terindah di Prancis.

Riquewihr terkenal dengan bangunan-bangunan tuanya yang cantik dan memiliki nilai sejarah yang tinggi.

Desa ini juga terkenal akan menara-menara batu yang tidak banyak berubah sejak abad 16. Unik banget bukan?

Berkunjung ke Riquewihr akan membuat kamu merasa seperti di kota pada masa abad pertengahan.

Apalagi kota kecil indah di Prancis ini juga dikelilingi oleh tembok kota dengan serangkaian gerbang dan menara pengawas tua khas Eropa.

Bagi kalian pecinta wine atau minuman anggur, Riquewihr ini juga adalah tempat yang tepat untuk kalian kunjungi.

Riquewihr juga merupakan jalur Alsatian Vineyard Route (rute kebun anggur Alsatian) sehingga kamu bisa hiking menjelajahi kebun anggur dan berkunjung ke gudang-gudang penyimpanan wine bawah tanah.

 2. Kaysersberg

desa tercantik di dunia
Gambar oleh Winalist

Desa ini terletak di sebelah barat Colmar, di lereng pegunungan Vosges sebelah timur.

Sama halnya seperti desa Eguisheim, Kaysersberg juga dikelilingi oleh kebun anggur yang luas dan merupakan salah satu area perkebunan anggur terbaik di Alsace.

Desa terindah di dunia ini dipenuhi oleh bangunan-bangunan atau rumah-rumah setengah kayu, yang berderet berhimpitan membentuk jalan desa yang unik dan khas.

Desa ini memiliki atmosfer kota abad pertengahan, dengan panorama rumah kayu dan kebun anggur yang indah menjadi ciri khas pedesaan di Provinsi Alsace.

Selain bangunan dan sudut kota yang cantik, kamu juga bisa menemukan banyak hal khas Eropa di desa tercantik ini seperti kastil tua, gedung balai kota, gereja tua abad pertengahan, museum, dan bahkan sumur batu tua.

Jalan-jalan menjelajahi kebun anggur di Kaysersberg juga tentu saja tidak boleh kamu lewatkan.

3. Colmar

desa terindah di dunia
Gambar oleh OnTheLuce

Colmar adalah kota kecil di Provinsi Alsace yang terletak sekitar 60 km sebelah selatan Strasbourg.

Memiliki ciri khas pedesaan di Alsace, Colmar juga memiliki pemandangan yang cantik seperti rumah kayu warna-warni dengan bunga-bunga indah, kanal-kanal cantik, dan jalan batu sempit bak abad pertengahan.

Pemandangan khas Colmar ini bisa kamu temui di pusat kota lamanya yang merupakan pusat daya tarik wisata di Colmar.

Colmar juga menjadi salah satu desa terindah di dunia yang dilewati jalur Alsatian Vineyard Route atau rute perkebunan anggur Alsatian.

Bukan hanya itu, kamu juga bisa menemukan pasar natal paling menarik di Alsace.

Nah, jika Strasbourg punya Petite France (Prancis Kecil), maka Colmar punya Petite Venice (Venice kecil) dimana kanal-kanal kecil dari sungai Lauch mengalir di antara bangunan dan bunga-bunga yang berwarna-warni – sama seperti di Venice, Italia.

Di Colmar, kamu juga bisa mengunjungi banyak toko lokal yang menarik serta kedai indah di tepi kanal.

Karena keunikan dan keindahannya, kota Colmar dijadikan salah satu inspirasi model desain salah satu film animasi Jepang yang terkenal Howl’s Moving Castle.

4. Eguisheim

desa terindah di dunia
Gambar oleh Actualidad Viajes

Salah satu desa terindah di dunia ini terletak di Provinsi Alsace, Prancis, yang berlokasi hanya 5 km dari Colmar.

Pusat desa ini memiliki nuansa desa kecil yang indah dengan jalan-jalan batu sempit yang berkelok-kelok di antara rumah kayu warna-warni.

Hampir di sepanjang jalan desa ini dihiasi oleh aneka bunga warna-warni yang semakin mempercantik pemandangan di desa bak dongeng ini.

Pusat desa Eguisheim juga dikelilingi oleh hamparan perkebunan anggur yang luas dan berada dalam rute Alsatian Vineyard Route yang merupakan rute area perkebunan anggur di Alsace yang juga merupakan tujuan wisata populer di Prancis.

Tak mengherankan jika Eguisheim dipilih sebagai desa paling favorit di Prancis pada tahun 2013 dan juga dinobatkan sebagai desa paling cantik di Prancis sejak tahun 2003.

Eguisheim juga merupakan anggota asosiasi Les Plus Beaux Villages de France (asosiasi desa terindah di Prancis).

5. Strasbourg

desa tercantik di dunia
Gambar oleh TravelingLens

Dari beberapa desa terindah di Prancis, bisa dikatakan Strasbourg-lah yang paling cantik dan populer di kalangan wisatawan.

Kota kecil ini merupakan ibukota Provinsi Alsace di Prancis Timur dan terletak sekitar 20 km sebelah timur pegunungan Vosges.

Strasbourg terkenal dengan pusat kotanya yang memiliki nilai sejarah yang tinggi dan juga suasana desa/kota kecilnya yang sangat mengagumkan.

Di pusat kota-nya lah kamu bisa menemukan hal-hal bagaikan negeri dongeng seperti rumah-rumah berbingkai yang kayunya khas dan beraneka warna, kanal-kanal air yang indah, dan juga gereja gotik yang menjadi salah satu tujuan favorit wisatawan.

Di Strasbourg, kamu juga bisa menemukan sebuah kawasan yang disebut sebagai Petite France (Little France) atau Prancis kecil.

Sama seperti Colmar, kamu juga bisa menemukan pasar natal paling indah dan menarik di Strasbourg yang menjual berbagai pernak-pernik natal yang unik dan cantik.

Kemegahan pasar natalnya merupakan salah satu magnet wisata Strasbourg. Pasar natalnya biasanya sangat meriah setiap bulan natal yaitu bulan Desember.

Bukan hanya desa terindah di dunia, Alsace juga punya perkebunan anggur yang luas nan indah

Tidak peduli kapan kamu mengunjungi Prancis karena tidak ada waktu yang buruk untuk mengunjungi negara ini karena hampir setiap musim menawarkan pesona dan suasana uniknya tersendiri.

Bulan oktober adalah musim gugur di Perancis dimana banyak tumbuhan yang berubah warna dari kehijauan menjadi kuning dan merah.

Musim ini sangat disukai oleh wisatawan dari negara tropis, termasuk Indonesia, karena suasananya terkesan sangat romantis dan eksotis.

Nah dan tempat terbaik untuk menikmati musim gugur di Prancis adalah Alsace yang berada di Prancis Timur.

Di Alsace, kamu bisa menyusuri hektaran perkebunan anggur yang terbentang luas di depan masa.

Route des vins d’Alsace (Alsatian Vineyard Route) atau rute perkebunan anggur Alsatian adalah salah satu rute kebun anggur tertua dan terpopuler di Prancis, menawarkan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan anggur dan wine sepanjang tahun.

Rute ini berjarak sekitar 170 km dimulai dari salah satu desa terindah di dunia, Strasbourg di sebelah utara dan berakhir di Colmar sebelah selatan.

Rute perkebunan anggur ini melewati sekitar 70 desa terindah di dunia lainnya seperti desa Kaysersberg, Colmar, Ribeauville, Riquewihr, dan masih banyak desa tercantik lainnya.

Ada banyak sekali aktivitas seru yang bisa kamu lakukan sewaktu mengunjungi perkebunan anggur di Alsace ini.

Kamu bisa bersepeda atau hiking menyusuri perkebunan anggur yang indah, sambil sesekali berhenti mengeksplorasi bangunan tua penuh sejarah di sekitarnya.

Alsace sangat indah untuk dikunjungi kapanpun, tetapi waktu yang paling tepat untuk mengunjungi perkebunan anggur di Alsace adalah dari bulan April – Oktober karena banyak desa-desa mengadakan festival panen anggur yang diramaikan juga dengan kesenian tradisional rakyat.

Leave a Comment