Diduga Sebar Berita Hoax, Pengacara Kamarudin akan Melaporkan balik ke Pihak Berwajib

Pengacara Brigadir Joshua, Kamaruddin Simanjuntak, Dilaporkan ke Polisi usai tuduhan penyebaran berita Hoax dari Ketua Umum Aliansi Advokat Anti Berita Hoax, Zakirudin Chaniago

Diduga Sebar Berita Hoax, Pengacara Kamarudin akan Melaporkan balik ke Pihak Berwajib

Ketua Umum Aliansi Advokat Anti Berita Hoax, Zakirudin Chaniago tidak gentar untuk memperkarakan Pengacara Bridgadir Joshua, Kamarudin Simanjuntak atas dugaan pemberian informasi tidak benar (berita hoax) terkait dengan kronologi kasus.

Zakirudin melaporkan Kamarudin atas kasus ini.

Seiring dengan merembaknya kasus pembunuhan Brigadir Joshua, public mulai menyorot pada keberadaan Kamarudin Simanjuntak selaku pengacara.

Sebagai pengacara yang mengawal kasus sekaligus perwakilan keluarga, Kamarudin seringkali muncul dalam layar pemberitaan.

Tidak heran dalam beberapa kesempatan, pengacara ini memenuhi panggilan interview media mengenai kelanjutan kasus yang sedang dihadapinya.

Kasus pembunuhan Brigadir Joshua ini terus dibicarakan public, apalagi mengenai kronologi sebenar-benarnya.

Tidak heran dalam menjelaskan kronologi ini, Kamarudin akan memberikan pemaparan berdasarakan informasi yang telah diterimanya.

Zakirudin melihat ada penyebaran Berita Hoax oleh Kamarudin

Zakirudin melihat beberapa paparan yang diberikan Kamarudin Simanjuntak belum terjamin kebenarannya.

Karena proses penyelidikan kasus yang belum rampung. Zakirudin telah melanjutkan kasus ini dengan melaporkan Kamarudin Simanjuntak ke Breskrim Polri pada Rabu (31/8/2022) lalu dengan tuduhan berita hoax.

Laporan ini juga telah resmi diterima pihak kepolisia pada nomor registrasi nomor: STTL/315/VIII/2022/BARESKRIM.

Pelaporan ini mengarah pada beberapa pemberitaan-pemberitaan dan rumor yang telah menyebar luas dari Bulan Juli hingga Agustus pada media social, maupun pemberitaan media mengenai kasus Brigadir Joshua dengan kepribadian Ferdy Sambo dan Putri Candrawati.

Zakirudin juga menyebutkan beberapa alasan melaporkan Kamarudin ini , berlandaskan pada informasi yang diberikan Kamarudin mengenai kondisi jenazah Joshua.

Komarudin dengan jelas menjeaskan adanya bukti sayatan, kehancuran jari-jari, luka tembakan, jeratan leher, dan beberapa luka secara langsung sebelum adanya hasil otopsi yang dikeluarkan oleh Lembaga Berwenang, dalam hal ini Laboratorium Forensik.

Pemberian pernyataan langsung tanpa adanya ladasan ini telah dianggap Zakirudin sebagai bagian dari penyebaran berita hoax ditengah kegaduhan masyarkat.

Pemberitaan semacam ini hanya akan menggiring perhatian dan opini public untuk mengikuti bukti pertama yang diberikan.

Terlebih lagi dalam pihak ini, Kamarudin menjadi perwakilan keluarga dalam memperjuangkan keadilan pada ALmarhum Bridgadir Joshua.

Pengiringan opini publik hanya akan memunculkan pemikiran bebas, dan pemetakan kodisi secara absrak mengenai kondisi yang ada.

Kemudian berakibat pada kemunculan kebencian tak beralasan pada pihak-pihak yang belum divalidasi menjadi pelaku-pelakunya.

Kamarudin Mengancam Akan Memberikan Laporan Balik

Menanggapi laporan yang ditujukan padanya, Kamarudin Smanjuntak dengan tegas akan melaporkan balik Zakirudin, jika pernyataanya salah.

Kamarudin menantang Zakirudin untuk membuktikan kebenarakan ucapannya mengenai berita hoax yang dilemparkan pada Kamarudin beberapa waktu lalu.

Karena kalau tidak bias dibuktikan dengan benar, pihakna bersedia untuk melaporkan balik Zakirudin ini ke pihak berwajib.

Kamarudin juga menjawab beberapa pernyataan yang dilontarkan Zakirudin, mengenai penggiringan opini public yang dituduhkan padanya mengenai berita hoax.

Kamaruddin bahkan juga memperlihatkan beberapa fakta memang sejalan dengan hal yang dilontarkannya pada media.

Seperti pada beberapa kondisi bagian tubuh jenazah Joshua, fakta yang diberikan juga mengatakan demikian.

Beberapa luka, jari yang patah, dan peluru itu memang benar ada dan sesuai dengan hasil tim forensic, begitu jelas kamarudin.

Bahkan ahli forensic juga mengatakan bahwa bahwa beberapa luka berasal dari peluru, sedangkan menurut dokter yang telah dikonsultasikan merupakan luka akibat dari bukan peluru.

Pernyataan yang diberikan juga merupakan hasil dari pengelihatan dan pengidentifikasian yang dilakukan dokter professional.

Bahkan untuk luka-luka disekujur tubuh jenazah, semua orang pasti bias melihat dan mengenali bentuk luka itu dengan mudah, karena udah sering melihat luka dan bekas yang sama.

Akan Melaporkan balik

Kamarudin juga terus berkali – kali menegaskan bahwa ketika pelaporan diberikan dahulu, maka  akan diberikan melaporkan balik jika kebenaran ada dalam pernyataan tim Kamarudin Simanjuntak.

Beberapa keterangan yang diberikan Kamarudin dipertegas bahwa telah berkonsultasi dengan dokter-dokter terlatih dan professional terlebih dahulu.

Dan bukan hanya satu, pengidentifikasian luka ini berlandaskan pada tiga dokter dengan hasil yang mendukung semua pernyataannya.

Dokter-dokter ini juga dijelaskan oleh pengacara Brigadir Joshua ini diambilnya dari Jambi dan sudah berbicara dengannya melalui sambungan telepon dan membenarkan semua pernyatannya.

Bahkan mengenai luka-luka dan gambar-gambar yang telah ditunjukkan Kamarudin kehadapan awak media, itu sama persis dengan pemaparan dan hasil yang diberikan ketiga dokter.

Alasan pembawaan kebenaran dan hasil yang teruji oleh beberapa dokter ini yang membuat pihak Kamarudin Simanjuntak bersiap sedia untuk melaporkan kembali beberapa pihak yang mengatakan pernyataannya ini merupakan berita bohong atau berita hoax.

Namun hingga saat ini, masih belum keluar pernyataan lanjutan dari Zakirudin dalam upaya melindungi kebenaran atau pernyataan penegas dalam melindungi dirinya dari tim Kamarudin.

Pihak media masih menunggu keberlanjutan dari kasus ini dengan menunggu hasil yang diberikan pihak kepolisian dari tuntutan yang diberikan Zakirudin terlebih dahulu.

Leave a Comment