Unik! Ini Dia 8 Fakta Biji Kopi Aceh Gayo

Citarasa pahit khas kopi menjadi minuman yang mendunia. Ketahui fakta biji kopi Aceh Gayo yang unik dan menarik untuk para pecinta kopi.

Fakta biji kopi Aceh Gayo

Suka minum kopi? Kamu sudah cobain kopi Gayo, belum? Kopi yang berasal dari varietas arabika ini memiliki aroma yang sangat tajam serta cita rasa yang kuat. Jangan ngaku-ngaku pecinta kopi kalau belum mencobanya. Fakta biji kopi Aceh Gayo ini ternyata unik sehingga menarik untuk kamu ketahui.

Fakta Kopi Gayo

Kopi Gayo tidak hanya merebut hati pecinta kopi dengan rasanya yang nendang, tapi juga banyak fakta-fakta yang membuat orang menjadi lebih tertarik dengan kopi khas Aceh ini. Berikut adalah beberapa fakta unik kopi Gayo:

1. Komoditas Ekspor

Gaung kopi Gayo ternyata sudah mendunia karena menjadi komoditas ekspor ke beberapa negara di Eropa. Selain itu, pasar ekspor kopi ini juga menjangkau Asia Pasifik dan juga Amerika Utara. 

Fakta biji kopi Aceh Gayo

Harga per kilo kopi Gayo di Indonesia cukup mahal yaitu hampir menyentuh Rp200.000. Masyarakat Gayo yang memiliki perkebunan kopi pun bisa mendapatkan banyak keuntungan dari komoditas ini.

2. Sudah Ada Sejak Ratusan Tahun Lalu

Tahu nggak sih kalau kopi Gayo ini juga memiliki sejarah panjang karena sudah ada di Indonesia sejak lebih dari 300 tahun yang lalu. Fakta biji kopi Aceh Gayo bisa sampai tanah Sumatera karena dibawa oleh Belanda pada abad ke-17.

Gayo merupakan daerah pertama yang ditanami kopi oleh pemerintah Hindia Belanda. Kondisi tanah dataran tinggi yang subur membuat pohon kopi dapat tumbuh dan berbuah dengan baik. Hasil panen melimpah ini yang membuat kopi Gayo menjadi komoditas ekspor.

3. Hanya Dipetik oleh Perempuan

Proses memanen kopi Gayo juga sangat unik karena dipetik oleh para perempuan saja. Keunikan lain saat memetik kopi yaitu mereka akan sambil menyanyikan lagu-lagu yang menggunakan bahasa Gayo.

Fakta biji kopi Aceh Gayo tentang cara memanennya sudah menjadi tradisi yang diwariskan turun temurun. Nah, pasti bakalan seru, kan jika bisa menyaksikan masyarakat Gayo memanen kopi.

4. Teman Terbaik untuk Kudapan Timpan

Minum kopi tentu kurang lengkap jika tidak ditemani dengan kudapan. Nah, cara warga Aceh menikmati kopi Gayo ini juga unik karena sering disajikan dengan timpan. Kue timpan memiliki rasa yang manis karena terbuat dari selai srikaya, pisang, dan juga ketan.

Rasa pahit kopi Gayo dan manis dari kue timpan akan menjadi kolaborasi yang nikmat. Fakta biji kopi Aceh Gayo yang keempat ini pasti bikin penasaran, terutama bagi yang belum pernah mencobanya.

5. Sumber Penghasilan Utama

Kopi merupakan tumpuan perekonomian bagi hampir semua masyarakat Gayo. Banyak masyarakat yang memiliki perkebunan kopi karena memang hasilnya yang menjanjikan. Masyarakat Gayo mendapatkan penghasilan dari kopi sekitar 80%.

Memiliki perkebunan kopi memang cocok digunakan untuk sumber penghasilan utama karena permintaan kopi Gayo selalu mengalami peningkatan. Selain bisa memenuhi pasar domestik, kopi Gayo juga terus diperlukan karena menjadi komoditas ekspor ke berbagai negara.

6. Menjadi Sebuah Puisi

Fakta biji kopi Aceh Gayo yang tidak kalah unik yaitu menjadi inspirasi seorang penyair Aceh. Tanaman ini diabadikan dalam karya puisi yang berisi tentang cita rasa kopi yang khas, serta kedudukan kopi di tengah masyarakat Gayo. Nah, kamu yang lagi susah mencari inspirasi bisa coba kopi Gayo dulu, tuh.

7. Penyeduhan Berdasarkan Varietas

Terdapat dua jenis varietas kopi Gayo yang banyak dibudidayakan. Menariknya, setiap varietas memiliki cara penyeduhan yang berbeda-beda. Varietas kopi Gayo 1 misalnya, bisa diseduh dengan cara manual seperti kopi kebanyakan.

Varietas 1 ini berasal dari biji kopi yang tumbuh di Timor Leste dan selanjutnya kopi ini ditanam di dataran tinggi Gayo. Sedangkan varietas kopi Gayo 2 merupakan hasil persilangan dari beberapa biji kopi Timor Leste. 

Hasil persilangan beberapa biji kopi tersebut membuat tanaman kopi jadi lebih mudah untuk beradaptasi dengan lingkungannya. Teknik menyeduh varietas 2 ini yaitu dengan merendamnya. Fakta biji kopi Aceh Gayo yang ketujuh inilah yang membuat rasa kopi lebih khas dan unik.

8. Cocok Menggunakan Teknik V60

Supaya aroma kuat kopi Gayo semakin keluar dan menghasilkan tekstur kental, maka kamu juga bisa menyeduh menggunakan teknik V60. Kamu hanya perlu menyiapkan saringan kerucut dan melapisinya dengan kertas V60.

Sebelum memasukkan bubuk kopi, basahi kertas dengan air panas dulu. Seduh bubuk kopi dengan air panas dan tuang air dengan gerakan satu arah. Diamkan kurang lebih 30 detik dan selanjutnya kopi Gayo siap dinikmati. 

Fakta Biji Kopi Aceh Gayo Menarik, kan?

Nah, itu tadi ulasan fakta biji kopi Aceh Gayo. Ulasan di atas bisa disimpulkan bahwa kopi tidak hanya sekedar minuman mendunia namun juga memiliki nilai-nilai lain. Tanaman kopi bisa menjadi sumber penghasilan utama bagi para petani kopi. Selain itu, kopi juga menjadi bagian dari tradisi.

Simak terus artikel menarik dari indotimes.net. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment