Makin Canggih! 6 Fitur iOS 16 yang Patut Ditunggu!

Beberapa waktu lalu, Apple baru saja menggelar WWDC 2022. Pada event tersebut, iOS 16 berhasil menarik perhatian. Pasalnya, fitur iOS 16 menawarkan beragam perubahan dari sistem sebelumnya. Perkembangan baru untuk sistem operasi iPhone di tahun ini cukup membuat orang penasaran. Penasaran dengan fitur iOS baru ini? 

Kecanggihan Fitur iOS 16 

Personalisasi kerap kali jadi keluhan bagi pengguna iPhone. Beberapa tahun ke belakang, sistem operasi untuk ponsel keluaran Apple ini cukup sering dibandingkan dengan rivalnya, Android. Namun, sejak beberapa tahun lalu, brand tech asal Amerika Serikat ini mulai membuka beberapa opsi pengaturan personal bagi penggunanya. 

Fitur iOS 16 mencoba untuk menyempurnakan user experience terkait isu personalisasi pada dalam iPhone. Dari pemberitaan yang tersebar, cukup terlihat bahwa penawaran baru dari Apple disambut dengan cukup positif. 

Para pengguna setia iPhone kini mulai bisa bereksplorasi untuk menunjukkan sisi personal mereka melalui smartphone canggih nan premium tersebut. Perlu dipahami bahwa fitur iOS 16 saat ini masih belum bisa digunakan oleh para pengguna iPhone. 

Para pemilik smartphone Apple tersebut harus sabar menunggu, setidaknya hingga mendekati rilisnya iPhone 14 di akhir tahun 2022 nanti. Sebagai penyambutan, berikut adalah beberapa fitur unggulan yang ditawarkan oleh Apple melalui iOS 16. 

1. Tampilan Lock Screen Personal 

Salah satu fitur iOS 16 terkait personalisasi yang hadir terdapat pada pengaturan lock screen. Sebelumnya, layar kunci pada iPhone hanya menawarkan kustomisasi wallpaper saja. Namun, untuk kali ini, Apple menambahkan keleluasaan seperti penempatan widget dan pilihan tema. 

fitur iOS 16

Selain itu, Apple juga memindahkan tab notifikasi ke bagian bawah layar. Hal tersebut dilakukan agar para pengguna bisa lebih mudah berinteraksi jika ada pesan atau update terbaru yang tampil pada layar. Apple juga memperkenalkan Live Activities untuk menunjukkan hasil skor pertandingan olahraga favorit penggunanya. 

2. Fitur Baru Messages dan Mail 

Di ranah pesan elektronik, Apple juga memperkenalkan hal baru sebagai bagian dari fitur iOS 16. Pertama, Apple memberikan sentuhan menarik di bagian Messages. Para pengguna iPhone kini akan bisa melakukan edit atau menghapus pesan melalui iMessage. Namun fitur ini hanya berlaku selama 15 menit setelah pesan terkirim. 

Aplikasi Mail dari iPhone pun dirancang untuk bisa lebih intuitif lagi di masa depan melalui pembaruan fitur iOS 16. Para pengguna aplikasi tersebut nantinya akan lebih mudah untuk mencari email penting, serta melakukan pengiriman surel secara terjadwal. 

3. Upgrade Focus Mode dalam Fitur iOS 16 

Focus Mode merupakan salah satu fitur menarik, terutama bagi kamu yang bekerja di rumah (WFH). Dalam waktu dekat, Apple menjanjikan peningkatan pada mode tersebut. Demi meningkatkan produktivitas, iOS 16 memperbolehkan pengguna iPhone untuk mengubah tampilan wallpaper dan widget selama mode Fokus aktif. 

4. Peningkatan Sistem Kecerdasan 

Artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan merupakan teknologi yang sering tersemat dalam smartphone. Begitu pula dengan iPhone yang kini semakin canggih. Salah satu keunggulannya adalah kemampuan iPhone mendeteksi wajah dalam sebuah foto agar kamu bisa membagikan momen seru kepada teman-teman.

Selain itu, hadir juga fitur Visual Look Up yang membantu kamu lebih mudah memotong gambar untuk keperluan editing foto. Pengembangan juga hadir dalam teknologi live text yang membantu kamu menyalin tulisan dari gambar atau kamera tanpa harus mengetik secara manual. 

5. Optimasi Fungsi Maps

Beberapa orang menyebut Apple Maps masih inferior dibandingkan dengan aplikasi peta lainnya. Hal tersebut pun jadi sorotan bagi Apple untuk melakukan optimasi fungsi dalam aplikasi peta bawaan mereka. Dalam waktu dekat, para pengguna Maps akan bisa menyimpan rute perjalanan terakhir. 

Kamu sebagai pengguna juga bisa menambahkan beberapa pemberhentian ketika melakukan perjalanan. Proses pengaturannya juga terbilang mudah berkat integrasi siri ke dalam aplikasi Maps terbaru nanti. 

6. Tingkat Keamanan Baru

Semakin canggah sebuah teknologi, perlu dibekali dengan sistem keamanan yang mumpuni. Hal tersebut juga yang ditingkatkan oleh Apple pada fitur iOS 16. Kecanggihan yang ditawarkan adalah keleluasaan kamu untuk menghapus berbagai akun yang sebelumnya terdaftar pada device Apple selain milikmu. 

Mau Coba Fitur iOS 16?

Secara resmi, fitur iOS 16 masih belum rilis dalam waktu dekat. Namun, ada langkah lain yang bisa kamu lakukan untuk mencoba fitur baru Apple melalui Apple Beta Software Program. Pastikan kamu paham risikonya. Pasalnya, versi beta belum 100 persen stabil. Memakai versi beta dapat mengurangi kenyamanan saat pemakaian. 

Leave a Comment