Jenis Bensin di Indonesia yang Harus Kamu Tahu

Jika kamu mengendarai sepeda motor, tentunya berbeda jenis bensin yang digunakan oleh kendaraan diesel. Selain itu, bisa juga kamu mengisi pertalite, tapi di sebelahmu memutuskan untuk mengisi bensin dengan pertamax. Sebenarnya apa saja jenis bensin yang ada di Indonesia?

Pertamax Turbo

Pertamax turbo adalah bensin termahal di Indonesia dan biasanya alat pengisi bensinnya berwarna merah. Tapi, tentunya dengan harga yang mahal ada kualitas.

Perlu diketahui, jenis bensin pertamax turbo memiliki angka oktan sebesar 98, bahkan lebih tinggi dari pertamax.

Bensin jenis ini sangat direkomendasikan untuk kendaraan yang memiliki kompresi 11:1 atau 13:1.

Dengan angka oktannya yang tinggi, bensin ini mampu mengeluarkan potensi akselerasi dan kecepatan pada kendaraan serta memiliki proses pembakaran juga lebih baik. Selain dalam segi internal kendaraan, jenis bensin ini juga bagus untuk sisi eksternal, yaitu ramah dengan lingkungan.

Jika kamu ingin kendaraan kamu lebih lincah, pertamax turbo adalah bensin yang cocok untukmu.

Pertamax

Pertamax berbeda dengan pertamax turbo karena keduanya memiliki angka oktan yang berbeda. Pertamax turbo memiliki angka oktan yang lebih tinggi daripada pertamax.

Jenis bensin ini memiliki angka oktan dengan minimal 92, hanya memiliki selisih dua angka dengan pertalite yang memiliki angka oktan 90.

Pembakaran pertamax tidak meninggalkan sisa atau residu dan lebih baik daripada pertalite, sehingga sangat direkomendasikan untuk kamu yang hobi mengendarai kendaraan pribadi baik mobil atau pun motor.

PERTATEC menjadi hal menonjol dalam bensin ini karena teknologi tersebut dapat membersihkan endapan kotoran pada mesinmu, sehingga mesinmu menjadi lebih awet dan kamu bisa bersenang-senang lebih lama.

Selain untuk menjaga keawetan mesin, teknologi zat aditif dari PERTATEC juga mencegah mesin dari pengaratan dan meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Pertamax memiliki keunggulan dibanding pertalite dari segi keramahan lingkungan, performa mesin yang diisi dengan jenis bensin terkait, dan pembakaran.

Pertalite

Pertalite adalah salah satu jenis bensin yang disubsidi oleh pemerintah, sehingga memiliki harga yang jauh lebih murah daripada pertamax dan pertamax turbo.

jenis bensin

Bensin jenis ini memiliki angka oktan sebesar 90, hanya lebih kecil dua angka dari pertamax yang memiliki angka oktan 92.

BBM ini adalah salah satu yang paling laris manis di Indonesia selain premium karena harganya yang murah, tapi kualitasnya tidak kalah dengan pertamax.

Warna hijau terang jernih adalah warna dari BBM ini dan memiliki angka oktan lebih besar dari premium sebesar 2 angka.

Angka oktan yang mencapai 90 berarti kendaraan yang menggunakan bensin ini menjadi cukup ramah lingkungan. Hal ini diperlukan karena jika dilihat dari antrian di POM bensin, pertalite memiliki panjang antrian paling banyak.

Karena harganya yang murah dan kuat untuk membuat kendaraan pergi cukup jauh, pertalite sangat laku di pasaran.

Premium

Premium adalah jenis bensin yang dulu pernah populer di Indonesia dan termasuk dari bensin yang disubsidi oleh pemerintah.

Bensin ini memiliki angka oktan sebesar 88, hanya berselisih 2 angka dengan pertalite yang mempunyai angka oktan 90.

Sayangnya, saat ini premium sudah tidak diperjualbelikan lagi di masyarakat. Hal ini terhitung dari 10 Maret 2022 dari keputusan Mentri ESDM.

Kalau kamu anak kelahiran 90-an atau 2000-an, pasti ingat saat dimana harga premium masih berada di 4500 per liter.

Solar

Solar adalah salah satu BBM khusus yang hanya bisa digunakan untuk mesin tertentu, misalnya adalah mesin diesel atau kendaraan besar seperti truk.

Beberapa alasan mengapa penggunaannya dibedakan adalah karena volume dan berat kendaraan, medan yang biasa dilalui, dan kemampuan mesin.

Truka atau kendaraan besar biasanya membawa barang-barang berat, melalui medan yang sulit dilewati, dan kemampuan mesinnya harus lebih bagus dari kendaraan kecil.

Perbedaan solar dengan bensin biasa terletak pada titik penguatan, struktur kimiawi, dan kendaraan yang bisa memakainya.

Faktanya, kereta api menggunakan solar sebagai BBM-nya lohh.

Dexlite

Selain solar, pertamina juga memiliki dexlite yang cocok digunakan pada kendaraan seperti truk, mobil niaga, dan kendaraan berteknologi commonrail.

Kelebihan dari jenis bensin ini adalah mesin lebih bertenaga (lebih berkualitas dibandingkan solar), harga yang terjangkau di masyarakat, dan melindungi mesin dengan additive formula.

Dexlite bisa kamu temukan di POM bensin. Biasanya truk atau kendaraan besar mengantri di rest area tol untuk mengisi BBM kendaraan mereka dengan dexlite.

Masing-Masing Jenis Bensin Memiliki Kelebihan

Setiap jenis bensin memiliki kualitasnya masing-masing, terutama di angka oktannya. Semakin tinggi angka oktannya, semakin bagus kualitas bensinnya.

Leave a Comment