6 Makanan Korea Terenak dan Cocok di Lidah Orang Indonesia

Makanan Korea merupakan salah satu hidangan yang sehat dan wajib kamu coba. Faktanya, karena mengandung sayuran, daging sederhana, dan tanpa minyak. 

Makanan Korea Paling Terkenal

Berikut ini sudah ada beberapa jenis makanan Korea terenak yang dapat kamu coba dan buat sendiri di rumah.

1. Sajian Bulgogi

Bulgogi sebenarnya merupakan olahan daging ini terkenal sebagai masakan klasik khas Korea Selatan. 

Secara umum, bulgogi merupakan evolusi makanan khas Korea dari sate bernama maekjeok dan biasanya menggunakan daging babi. Kemudian, berevolusi menjadi seoryamyeok yang merupakan olahan daging dengan rendaman kaldu dingin. Selanjutnya, menjadi neobiani yang sama seperti tampilan bulgogi saat ini. 

Bulgogi merupakan makanan Korea berbahan dasar daging. Cara membuatnya sangat sederhana, kamu hanya perlu menggiling daging dan merendamnya dengan menggunakan bawang putih, gula, kecap asin, minyak wijen, jahe, lada dan bahan lainnya.

Biasanya, proses memasak bulgogi menggunakan tambahan bahan lain seperti jamur. Umumnya, masyarakat Korea menyantap bulgogi dengan daun selada, nasi, kimchi dan tambahan cabai. Masakan Korea ini mempunyai rasa yang gurih, manis dan asin.

2. Sajian Bibimbap

Bibim berarti campur, sedangkan bap adalah nasi. Bibimbap merupakan nasi campur khas Korea. Uniknya, kamu bisa mencoba makanan khas Korea ini bukan dari mangkuk biasa melainkan mangkuk batu panas.

Makanan Korea

Faktanya, berguna untuk menciptakan kerak nasi yang akan bercampur dengan bumbu dan bahan lainnya. Bumbu yang bisa kamu gunakan untuk campuran nasi adalah gochujang, daging tumis, sambal cabai, sayuran rebus seperti tauge, sayur bayam, jamur, dan wortel.

Supaya rasanya semakin nikmat, kamu bisa memberikan sedikit minyak wijen serta taburan biji wijen panggang. Rasanya akan pedas ketika kamu gigit.

3. Sajian Jajangmyeon

Jajangmyeon merupakan jenis makanan Korea yang terbuat dari mie dengan saus kedelai hitam gurih, menggunakan potongan daging. Cara makan jajangmyeon ini, kamu harus mencampurkan mie dengan sausnya secara merata.

Umumnya, jajangmyeon mempunyai tiga varian rasa yang terkenal pada masyarakat. Varian pertama gan jajangmyeon berisi komposisi antara mie dan saus terpisah.

Berikutnya, varian samseon jajangmyeon mengandung saus dengan campuran olahan laut terkecuali ikan. Terakhir varian samseon gan jajangmyeon, yakni mie dan saus yang berisi olahan laut, namun tidak tercampur dengan mienya.

4. Sajian Jjampong

Biasanya, jjampong dapat kamu beli di restoran Korea Selatan. Jjampong berasal dari kosakata bahasa Jepang yang berarti campur. Jjampong juga termasuk jenis makanan berbahan mie. Namun, jjampong berasal dari mie kuah dengan tambahan seafood

Mie seafood ini menjadi sajian yang nikmat sebagai makan siang. Selain, ada tambahan seafood dalam makanan ini juga bervariasi. Rasa makanan khas Korea ini cocok untuk kamu pecinta pedas dan segar.

5. Tteokbokki

Tteokbokki termasuk makanan kerajaan sejak abad ke-19. Kuliner ini belakangan menjadi terkenal di seluruh dunia. Tteokbokki terbuat dari kue beras dengan kuah kental yang pedas. 

Makanan ini dapat kamu sajikan bersama dengan telur rebus, fish cake, aneka sayuran serta bawang bombay. Biasanya, bahan dasar kuahnya berupa kaldu, teri dan rumput laut.

6. Kimbap

Kimbap hampir sama dengan sushi hanya saja makanan ini berisi sayuran atau tambahan daging yang menggunakan rumput laut.

Sama halnya seperti revolusi di bidang kuliner lain, makanan khas Korea ini juga mengubah tampilan dan cita rasa. Saat ini, kimbap sudah mempunyai berbagai varian rasa yang unik seperti California kimbab dan French kimbap

California kimbap hanya menggunakan buah-buahan sebagai isian. Sedangkan, French kimbap menggunakan rumput laut kering sebagai isian bersama nasi. Fakta tersebut, karena orang Prancis kurang suka dengan aroma rumput laut kering.

Selain itu, ada berbagai jenis kimbab vegetarian yang komponennya berupa sayuran sehingga aman untuk kamu konsumsi. 

Kamu dapat memilih salah satu makanan khas dari Korea yang ada di atas, bahkan bisa membuatnya sendiri. Sebagian besar makanan dari Korea lebih sehat daripada makanan cepat saji pada umumnya.

Makanan Korea Mana yang Mau Kamu Coba?

Itu saja beberapa makanan Korea yang paling terkenal. Bagi kamu yang ingin mencicipinya bisa langsung buat sendiri atau pergi ke restoran Korea. Selamat mencoba!

Leave a Comment