9 Daftar Makanan Termahal di Dunia yang Harus Kamu Tahu

Mendengar daftar makanan termahal di dunia tentu bisa membuat orang menganga. Apa saja daftar menu tersebut? Yuk, ketahui!

makanan termahal di dunia

Melihat harga makanan termahal di dunia bisa bikin kamu melongo dan geleng-geleng kepala. Bagaimana tidak? Pasalnya harga seporsinya saja bisa mencapai puluhan bahkan ratusan juta rupiah. Penasaran makanan apa saja yang punya harga selangit tersebut? Simak selengkapnya!

Makanan Termahal di Dunia

Ini daftar menu makanan mahal tersebut:

1. Sarang Burung Walet

Sarang burung walet termasuk makanan termahal di dunia yang berasal dari Indonesia. Makanan ini berasal dari air liur burung walet yang mengandung banyak zat berguna bagi tubuh seperti mineral, glikoprotein, dan zat lain. 

Harga sarang burung walet bisa mencapai Rp40 juta/kg. Sarang burung walet bisa masuk dalam daftar makanan mahal karena selain mengandung banyak khasiat, juga cara mengambil sarangnya pun cukup ekstrim dan membahayakan. 

Pencari sarang walet harus mendaki dan masuk ke dalam gua kapur untuk mendapatkan sarangnya. Lalu proses mengolahnya yang membutuhkan waktu 8 jam juga membuat sarang burung walet menjadi mahal.

2. Kopi Luwak

Kopi luwak menjadi jenis kopi favorit para pecinta kopi karena aroma dan rasanya khas dan nikmat. Kopi luwak berasal dari biji kopi robusta terbaik yang melewati proses fermentasi dalam sistem pencernaan hewan luwak atau musang.

Musang memakan biji kopi lalu biji tersebut keluar menjadi kotoran. Kotoran luwak itulah yang nantinya menjadi kopi dengan harga tinggi, sekitar Rp3,4 juta hingga Rp16 juta/kg.

Kopi luwak mengandung antibakteri yang membuatnya memiliki banyak khasiat, yaitu bisa melindungi gigi dari bakteri yang membuat gigi berlubang, memelihara kesehatan mulut, hingga bisa mencegah kanker.  

3. Ayam Cemani

Ayam cemani menjadi salah satu makanan termahal di dunia karena mempunyai ciri khas berbeda dengan ayam lainnya, yakni warnanya yang hitam. 

Orang Indonesia percaya bahwa ayam cemani memiliki banyak keunggulan. Selain untuk kekuatan magis, ayam cemani mempunyai kandungan protein yang tinggi dan kadar lemaknya rendah. Harga satu ekor ayam cemani bisa mencapai jutaan sampai puluhan juta rupiah.

4. Makanan Caviar Almas

Menu ini terbilang sangat langka karena tidak banyak orang yang menjualnya. Konon, toko yang menjual menu ini adalah Caviar House & Prunier, London. 

Makanan termahal di dunia ini berupa telur ikan sturgeon albino yang sudah berusia 60-100 tahun. Menu ini menjadi mahal karena ikan sturgeon termasuk ikan yang terbilang langka dan banyak manfaat untuk jaga kesehatan tubuh dan wajah. Harga Caviar Almas bisa mencapai Rp16 jutaan atau bisa sampai miliaran rupiah. 

5. Jamur Alba Truffle

makanan termahal di dunia

Jamur ini terdiri dari dua jenis yakni Black Alba Truffle dan White Truffle. Jamur Alba Truffle tumbuh di Italia dan termasuk tanaman langka. Alba Truffle mempunyai harga yang sangat mahal. Per kilogramnya, harga jamur ini bisa mencapai puluhan hingga miliaran rupiah. Makanan termahal ini biasanya menjadi toping menu pasta Italia.

6. Keju Moose

Keju moose menjadi makanan termahal karena produksi kejunya hanya ada satu tempat, yakni peternakan Moose House Swedia.

Uniknya, keju ini bukan terbuat dari susu sapi, melainkan susu rusa liar yang ukurannya besar. Oleh karena itulah harga keju ini bisa sangat mahal, yaitu sekitar Rp10 juta per kilogramnya.

7. Daging Kobe

Daging ini adalah daging sapi yang berbeda dengan lainnya. Daging sapi kobe mempunyai tekstur yang sangat lembut dan biasanya tersaji pada restoran mahal. Harga per satu kilogram daging premium ini bisa tembus di angka jutaan rupiah.

Daging kobe ini apakah berbeda dengan daging wagyu? Jawabannya adalah daging kobe termasuk salah satu jenis daging wagyu, namun daging wagyu belum tentu termasuk daging kobe. Daging kobe ini termasuk daging yang terkenal mahal di dunia dan berasal dari sapi yang hidup di daerah Kobe, Jepang. 

8. La Bonnotte

La Bonnotte adalah salah satu jenis kentang termahal yang hidup pada tanah Perancis. Kentang ini menjadi berbeda dengan jenis kentang lainnya karena ia tumbuh pada tanah yang kaya akan mineral, sehingga kulitnya mengkilap dan rasanya seperti kacang almond.  Harga kentang ini berkisar Rp4 juta rupiah.

9. Saffron

Saffron adalah rempah-rempah mahal yang kaya akan antioksidan dan mempunyai banyak khasiat. Seperti melawan radikal bebas, mengurangi peradangan dalam tubuh, mencegah penyakit saraf, dan bermanfaat untuk kesehatan mental karena ekstraknya yang dapat meningkatkan hormon dopamin dalam otak. 

Nah, karena banyaknya khasiat dan rumitnya cara mendapatkan dan memproses saffron, maka harga saffron berkualitas per kilogramnya bisa mencapai Rp50 jutaan hingga Rp2,3 miliar. 

Sudah Tahu Makanan Termahal di Dunia?

Harga bahan makanan termahal di dunia tersebut sebenarnya sebanding dengan kualitas dan cara memprosesnya yang rumit. Menu mahal di atas sangat bisa kamu temui pada restoran mahal atau tempat-tempat lainnya. Tentunya sajian menu yang menggunakan salah satu bahan tersebut punya harga yang fantastis juga. 

Leave a Comment