Ikuti Langkah Merencanakan Masa Pensiun Ini Agar Tenang Hadapi Masa Pensiun!

Tau ga sih kalau merencanakan masa pensiun yang bahagia itu penting banget? Yuk baca lebih lanjut biar tau cara melakukan perencanaan pensiun yang benar!

cara menyusun rencana pensiun

Merencanakan masa pensiun sangat penting dan membutuhkan proses yang terus berkembang, dari waktu ke waktu.

Ada banyak hal penting yang harus kamu pertimbangkan dalam mempersiapkan rencana pensiun bahagia kamu.

Dan semua pertimbangan itu diperlukan untuk memastikan kamu memiliki masa pensiun yang nyaman, aman dan menyenangkan di masa depan.

Sudah pasti kita semua menginginkan masa pensiun yang bahagia. Masa tua yang bahagia dan tenang adalah ideal banyak orang.

Terkadang memang banyak orang mengatakan bahwa merencanakan masa pensiun itu capek dan ribet.

Ya, memang, tetapi sebenarnya tidak.

Merencanakan pensiun itu “seru”, meskipun tentu saja, kamu pasti akan masih harus berurusan dengan bagian yang membosankan yaitu “bagaimana”-nya.

Kamu mungkin punya rencana untuk menghabiskan masa pensiun kamu dengan berkeliling dunia, pindah ke pedesaan, membeli rumah & mobil di pinggir kota, atau bahkan memulai bisnis keluarga untuk anak cucu.

Ya, itu adalah bagian yang “seru”.

Tetapi sebelum semua itu, kamu harus melalui bagian “bagaimana”, yang merupakan bagian yang lumayan “membosankan” dengan sukses.

Tetapi jangan khawatir, kami akan memberikan kamu panduan mudah dalam menyusun rencana masa pensiun yang ideal yang bisa membantu kamu mencapai tujuan pensiun bahagia versi kamu.

Yuk baca lebih lanjut untuk mempelajari cara merencanakan masa pensiun yang bahagia.

Apa Yang Dimaksud Dengan Perencanaan Masa Pensiun?

cara merencanakan masa pensiun
Gambar oleh Monica Silvestre

Merencanakan masa pensiun berarti mempersiapkan hari ini untuk kehidupan masa depan kamu sehingga bisa terus memenuhi semua tujuan dan impian kamu secara mandiri.

Ini sudah termasuk menetapkan tujuan pensiun, memperkirakan jumlah uang yang kamu perlukan, sampai investasi apa yang perlu kamu mulai untuk menumbuhkan tabungan pensiun kamu.

Tetapi ingat, setiap perencanaan pensiun itu unik karena hampir semua orang punya perencanaan masa pensiun yang berbeda-beda.

Setiap orang punya cara atau ide tersendiri tentang bagaimana mereka ingin menghabiskan masa pensiun mereka.

Itulah kenapa sangat penting untuk memiliki rencana masa pensiun yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan pribadi kamu.

Mengapa Penting Merencanakan Masa Pensiun?

Persepsi tentang pensiun telah banyak berubah selama beberapa dekade terakhir ini. Tetapi hal yang sama adalah fakta bahwa kita pasti menginginkan kehidupan masa tua yang bahagia.

Berkeliling ke seluruh dunia, mengunjungi tempat-tempat yang eksotis, mengajak keluarga jalan-jalan, mengejar hobi, dan lainnya.

Tetapi semakin rendahnya batas usia pensiun dari hari ke hari membuat perencanaan masa pensiun yang baik sangatlah penting.

Itulah mengapa merencanakan masa pensiun harus menjadi salah satu prioritas kamu jika kamu menginginkan kehidupan masa tua yang bahagia.

Berikut adalah alasan mengapa perencanaan pensiun sangat penting:

  • Kita tidak bisa bekerja selamanya, jadi pada titik tertentu tidak akan memiliki penghasilan tetap lagi seperti sebelumnya
  • Mempersiapkan hal-hal yang tidak terduga, seperti keadaan darurat medis
  • Masa pensiun adalah waktu terbaik untuk memenuhi aspirasi hidup kamu, jadi memerlukan perencanaan yang matang
  • Sangat beresiko jika hanya mengandalkan satu sumber pendapatan (dana pensiun)
  • Jangan bergantung pada anak dan keluarga untuk memenuhi kebutuhan masa pensiun
  • Bisa berkontribusi pada keluarga bahkan saat pensiun

Itulah mengapa penting untuk merencanakan masa pensiun lebih awal untuk menjalani kehidupan masa pensiun yang damai dan nyaman.

Checklist Pertanyaan Penting dalam Menyusun Rencana Masa Pensiun

1. Bagaimana cara mulai merencanakan masa pensiun yang bahagia?

Cara terbaik untuk mulai merencanakan masa pensiun kamu adalah dengan menentukan target atau tujuan yang ingin kamu capai.

Untuk memulai, kamu bisa mencoba menjawab beberapa pertanyaan berikut:

  • Bagaimana saya ingin menghabiskan masa pensiun dan masa tua saya? – pertanyaan ini akan membantu kamu untuk membuat strategi tentang bagaimana menyesuaikan kehidupan finansial kamu setelah meninggalkan tempat kerja (penghasilan tetap)?
  • Berapa banyak uang yang saya perlukan untuk pensiun? – kamu mungkin membutuhkan penasihat keuangan untuk membantu kamu menentukan berapa banyak uang yang kamu butuhkan untuk bisa mencapai target dan tujuan pensiun yang sudah kamu susun.
  • Kapan saya bisa pensiun? – ini adalah pertanyaan yang penting untuk dijawab. Waktu terbaik untuk pensiun adalah saat kamu siap secara finansial dan tentu saja secara mental (personal)
  • Apa yang akan saya lakukan di masa pensiun? – ini adalah bagian yang paling menyenangkan dimana kamu bisa membuat skenario tentang apa yang akan kamu lakukan untuk menghabiskan masa pensiun kamu.

Menjawab pertanyaan-pertanyaan diatas sangatlah penting dalam membantu kamu mendapatkan ide tentang bagaimana masa pensiun kamu nantinya.

Setelah menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, kamu pasti sudah mendapatkan gambaran tentang kehidupan pensiun kamu dan berapa banyak dana pensiun yang kamu butuhkan.

Hal terpenting dalam perencanaan masa pensiun adalah menjawab pertanyaan, “berapa banyak dana pensiun yang kamu butuhkan untuk masa pensiun yang bahagia?”.

Jawabannya bisa saja sangat bervariasi.

Apakah kamu ingin membeli rumah pantai di Bali, atau membangun bisnis baru dengan keluarga, dan lainnya.

Itulah mengapa merencanakan masa pensiun dengan tepat sangatlah penting untuk bisa mencapai target dan tujuan pensiun idaman kamu.

2. Seberapa banyak dana pensiun yang kamu butuhkan untuk mendapatkan kehidupan masa tua yang bahagia?

Setelah menjawab pertanyaan-pertanyaan diatas, seharusnya kamu sudah memiliki tujuan dan target pensiun yang spesifik.

Sekarang mari kita mulai untuk menjawab pertanyaan paling penting, “berapa banyak dana yang kamu butuhkan untuk pensiun?”

Berapa banyak uang yang kamu perlukan untuk pensiun benar-benar tergantung pada bagaimana kamu ingin menghabiskan masa pensiun kamu.

Menurut Investopedia, idealnya, kamu akan membutuhkan setidaknya sekitar 80% dari pendapatan pra-pensiun kamu untuk menjamin kehidupan pensiun yang nyaman.

Jadi jika pendapatan pra-pensiun kamu adalah Rp 150,000,000 per tahun, maka kamu nantinya memerlukan setidaknya sekitar Rp 120,000,000 untuk memastikan kamu memiliki masa pensiun yang nyaman.

Tetapi ingat, semuanya itu tergantung pada target dan tujuan pensiun kamu.

Lebih disarankan lagi jika kamu mencari penasihat keuangan untuk membantu kamu menentukan seberapa banyak dana pensiun yang kamu butuhkan nantinya.

3. Berapa lama tabungan/dana pensiun akan bertahan?

Mengetahui berapa lama tabungan pensiun kamu akan bertahan juga tidak kalah pentingnya.

Kamu tidak bisa benar-benar yakin bahwa jumlah dana pensiun yang sudah kamu siapkan akan bertahan tepat seperti yang sudah kamu rencanakan.

Ada banyak variabel yang mempengaruhi seberapa lama tabungan pensiun kamu bisa bertahan seperti pengeluaran tak terduga (emergency) dan juga inflasi.

Kedua faktor itu bisa saja mempengaruhi seberapa lama tabungan pensiun kamu bisa bertahan.

Untuk mengatasi hal ini, penting untuk mempelajari hal-hal berikut ini:

  • Bagaimana cara menggunakan tabungan pensiun
  • Bagaimana agar tidak kehabisan tabungan pensiun sebelum waktu yang ditentukan
  • Bagaimana menganggarkan dan mengelola dana pensiun selama masa pensiun
  • Bagaimana cara meningkatkan dana pensiun kamu

Kemungkinan kamu hidup lebih lama dari tabungan kamu tetap ada.

Perubahan gaya hidup yang semakin sehat, kondisi kesehatan serta kemajuan teknologi medis adalah hal-hal yang berkontribusi pada kamu hidup lebih lama dari tabungan kamu.

Bayangkan saja jika tabungan pensiun kamu habis tidak sesuai dengan yang kamu rencanakan sebelumnya.

Memiliki Motivasi Sangat Penting Dalam Merencanakan Pensiun

Memiliki tujuan dan rencana pensiun yang ideal sangatlah penting dan krusial.

Tetapi jangan lupa bahwa proses yang paling signifikan dalam hal ini adalah perencanaan masa pensiun.

Setiap orang mungkin memiliki masa pensiun ideal yang berbeda-beda.

Ada yang ingin menghabiskan waktu menjadi relawan, ada yang ingin memiliki rumah di Eropa, atau bahkan membangun bisnis untuk diwariskan ke anak cucu.

Tetapi semua itu tidak akan bisa dicapai tanpa adanya persiapan dan perencanaan masa pensiun yang matang.

Itulah mengapa, memiliki motivasi dan semangat yang tinggi adalah hal penting yang harus kamu punya pada saat merencanakan masa pensiun.

Jangan biarkan kamu merasa kehilangan dan tidak termotivasi.

Pastikan kamu membuat rencana pensiun yang ideal (dan realistis) agar bisa menjalani kehidupan masa tua yang baik di tahun-tahun pensiun kamu.

Karena ingat, kehidupan yang baik adalah kehidupan yang direncanakan dengan sempurna.

Leave a Comment