Penerimaan Penghargaan Global Citizen Awards

Presiden Joko Widodo atau biasa kita kenal Jokowi, berhasil meraih penghargaan dari Global Citizen Awards atas berbagai pencapaiannya.

Global Citizen Awards

Presiden Indonesia, Joko Widodo, dikabarkan akan menerima penghargaan Global Citizen Awards yang akan diberikan oleh lembaga think tank United States of America (Amerika Serikat), Atlantic Council.

Delegasi Indonesia yang akan mewakili Presiden Jokowi dalam menerima penghargaan itu adalah Thri Taryat, yang menjabat sebagai Direktur Jenderal dan Kerja Sama Multilateral Kementerian Luar Negeri.

Penghargaan Global Citizen Awards akan diserahkan kepada Presiden Joko Widodo saat delegasi Indonesia melakukan kunjungan ke Amerika Serikat yang dimulai pada 13 September 2022 untuk menghadiri sidang PBB atau Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Berdasarkan data penerima, untuk pertama kalinya Indonesia mendapatkan penghargaan tersebut melalui Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi pun menerima penghargaan tersebut pada Senin, 19 September 2022 dan menyambut baik penghargaan itu.

Penghargaan Global Citizen Awards

Global Citizen Awards merupakan penghargaan yang diberikan kepada seseorang yang mengutamakan identitas penduduk atau masyarakat global di atas identitas dirinya sebagai seorang warga negara.

Sedangkan, Atlantic Council merupakan lembaga think tank Amerika Serikat yang berfokus pada hubungan internasional.

Penganugerahan ini merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh lembaga Atlantic Council di sela-sela sidang PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) di New York, Amerika Serikat.

Acara penganugerahan ini digelar sejak tahun 2004 yang diberikan kepada seorang Letnan Kolonel bernama Stainslav Petrov.

Penghargaan Global Citizen Awards diberikan untuk seseorang atau tokoh yang dianggap memberikan kontribusi bagi dunia.

Sebelumnya, ada beberapa tokoh penting yang pernah menerima penghargaan tersebut.

Tokoh-tokoh tersebut diantaranya Shinzo Abe (Perdana Menteri Jepang), Justin Trudeau (Perdana Menteri Kanada),

Moon Jae-in (mantan Presiden Korea Selatan), Mark Rutte (Perdana Menteri Belanda), dan masih banyak lagi.

Selain diberikan kepada Presiden Jokowi, penghargaan tersebut juga dianugerahkan kepada Sauli Niisto (Presiden Finlandia), Magdalena Anderson (Perdana Menteri Swedia),

Sundar Pichai (CEO Google dan Alphabet), dan Forest Whittaker (Aktor dan UNESCO Special Envoy for Peace).

Acara penganugerahan Global Citizen Awards tahun 2022 ini juga sebagai suatu penghormatan kepada mendiang Ratu Elizabeth II.

Alasan Pemberian Penghargaan kepada Presiden Jokowi

Thri Taryat mengatakan bahwa penghargaan Global Citizen Awards adalah bentuk pengakuan atas kepemimpinan negara Indonesia dalam G20, terutama dalam penanganan ekonomi dan mendorong kolaborasi global.

Menurut Thri, Bapak Presiden Joko Widodo menerima penghargaan ini melalui sebuah proses yang tidak singkat.

Presiden pun menyampaikan melalui pesan video bahwa penghargaan tersebut akan didedikasikan untuk seluruh masyarakat Indonesia.

Selain itu, penghargaan Global Citizen Awards mengapresiasi upaya Bapak Presiden dalam menciptakan perdamaian dunia internasional dan menciptakan kerja sama pasca pandemi COVID-19.

Thri mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo menjadi sorotan dunia karena mengunjungi Rusia dan Ukraina di tengah perang antara kedua negara tersebut yang dapat memicu krisis global.

Penganugerahan itu juga diberikan kepada Presiden Jokowi atas dukungannya dalam memajukan pemenuhan HAM (Hak Asasi Manusia),

arsitektur dan demokrasi kesehatan global yang lebih baik, dan menjembatani dunia pasca perang Rusia dan Ukraina yang berdampak pada perekonomian global.

Executive Chairman WEF, Klaus Schwab pun menyampaikan apresiasi kepada Bapak Presiden atas pencapaiannya yang dinilai mampu menjadi pemimpin rakyat Indonesia yang memiliki visi global, serta mempromosikan kemakmuran dan perdamaian dunia.

Klaus Schwab kemudian menjelaskan bahwa suatu kehormatan baginya karena dapat mengenalkan Presiden Jokowi, dari awal karirnya sebagai pelaku usaha,

kemudian menjadi walikota Surakarta, lalu Presiden Jokowi pun memasuki dunia politik untuk memimpin, melayani, dan bekerja bersama rakyat Indonesia.

Usai menerima penghargaan, Presiden Jokowi menyampaikan beberapa pesan yang ditayangkan melalui sebuah video.

Pesan video yang ditayangkan di channel YouTube Atlantic Council itu menunjukkan ucapan terima kasih Presiden Jokowi kepada lembaga Atlantic Council.

Ia pun mengatakan bahwa penghargaan Global Citizen Awards tersebut dipersembahkan untuk seluruh rakyat Indonesia yang telah menghadapi berbagai tantangan bersama-sama.

Tantangan yang dihadapi Indonesia tersebut sama dengan tantangan negara berkembang lainnya.

Presiden Jokowi mengatakan bahwa tantangan global juga menjadi prioritas untuk diselesaikan rakyat Indonesia bersama-sama.

Tantangan-tantangan global seperti krisis kesehatan, perubahan iklim, krisis energi, krisis finansial, dan krisis pangan, menjadi kebijakan prioritas negara Indonesia.

Menurutnya, semua tantangan itu membutuhkan kebijakan yang akurat dan komitmen yang tinggi yang terlaksana dengan baik.

Jokowi pun menyampaikan rasa syukur dan terima kasih karena telah dibantu oleh rakyat Indonesia dalam menghadapi tantangan global dan mewujudkan mimpi Indonesia.

Leave a Comment