Perbedaan SSD dan HDD, Pahami Sebelum Menggunakannya!

Kamu ingin membeli laptop atau PC tapi bingung memilih jenis penyimpanannya? Yuk, cari tahu perbedaan SSD dan HDD di sini!

perbedaan ssd dan hdd

Dalam perangkat elektronik seperti laptop atau PC pastinya memerlukan ruang penyimpanan untuk menyimpan berbagai macam file penting. Jenis penyimpanan yang sering kita temui pada perangkat tersebut bisa berupa SSD atau HDD. Supaya kamu tidak bingung memilih yang mana, Indotimes akan menjelaskan perbedaan SSD dan HDD. 

Apa Itu HDD?

Penjelasan pertama yaitu pengertian dari HDD. Untuk HDD sendiri merupakan komponen perangkat keras atau hardware sebagai media penyimpanan PC atau laptop. Umumnya bentuk dari penyimpanan ini lumayan tebal berbentuk persegi dengan piringan cakram yang berfungsi read atau write data. 

Apa Itu SSD?

Pengertian dari SSD adalah sebuah penyimpanan dengan teknologi chip di dalamnya. Salah satu penyimpanan ini bisa dibilang alternatif atau pengganti dari HDD. Sekarang ini orang-orang lebih banyak menggunakan jenis penyimpanan SSD karena keuntungannya.

Perbedaan SSD dan HDD

Setelah kamu mengetahui pengertian dari kedua storage tersebut, maka berikutnya perbedaannya, antara lain:

1. Komponen Pembuatan

Perbedaan SSD dan HDD yang pertama yaitu dari komponen pembuatannya. Untuk HDD sendiri memiliki beberapa komponen di dalamnya agar dapat bekerja. Komponen tersebut seperti motor, piringan, dan lengan lalu semua bagian tersebut saling terhubung. 

perbedaan ssd dan hdd

Sedangkan pada SSD tidak memiliki bagian-bagian tersebut. Jenis penyimpanan ini menggunakan komponen seperti kapasitor, IC, dan chip sebagai bahan penyimpanannya. Dengan begitu kedua penyimpanan itu memiliki komponen-komponen penting yang berbeda di dalamnya. 

2. Kemampuan Baca dan Tulisnya

Selanjutnya yaitu perbedaan dari segi baca dan tulisnya. Sebuah perangkat penyimpanan memiliki fungsi seperti membaca dan menulis data kemudian menampilkannya. Namun kemampuan kedua penyimpanan tersebut memiliki perbedaan ketika menggunakannya nanti.

Pertama dari HDD yang memiliki kemampuan baca dan tulis biasanya berkisar puluhan Mbps saja. Sehingga memerlukan waktu yang cukup lama untuk menampilkan data-data. Lalu pada SSD memiliki kemampuan baca tulis lebih besar dengan kisaran ratusan Mbps. 

3. Penggunaan Daya

Untuk perbedaan SSD dan HDD berikutnya yaitu dari penggunaan daya. Komponen pada laptop atau PC pastinya memerlukan daya tertentu agar dapat bekerja dengan baik, salah satunya penyimpanan. Pada penyimpanan SSD tidak ada komponen mekanik yang bekerja sehingga daya yang dibutuhkan sedikit.

Kemudian untuk HDD memiliki komponen mekanik di dalamnya yang harus membutuhkan daya tertentu agar bekerja. Dengan begitu, daya yang dibutuhkan akan lebih banyak dibandingkan SSD. 

4. Kapasitas Penyimpanan

Dalam SSD dan HDD memiliki unsur pembeda lainnya yakni dari kapasitas penyimpanannya. Secara buatan pabrik, kedua storage tersebut memiliki kapasitas dasar yang berbeda. Untuk HDD sendiri memiliki kapasitas saat pertama kali beli dan biasa orang-orang temui yaitu mulai dari 500 GB sampai 2 TB. 

Kemudian dari SSD memiliki kapasitas lebih kecil, biasanya bisa 128 GB, 256 GB, sampai 1 TB. Ketika kamu menggunakan penyimpanan SSD dan penuh pastinya harus membeli SSD tambahan lagi. Sehingga kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan untuk menyimpan file-file penting nantinya. 

5. Harga

Kedua penyimpanan ini memiliki perbedaan dari harganya. Perbedaan SSD dan HDD yang bisa kamu lihat secara langsung dari harga jual yang terpaut lumayan jauh. Pertama untuk harga SSD ini cukup mahal. Untuk kapasitas 256 GB biasanya dibandrol dengan harga Rp500.000 hingga Rp700.000. 

Kemudian dari penyimpanan HDD memiliki harga lebih murah dari SSD. Dengan harga Rp500.000-an, kamu sudah mendapat kapasitas penyimpanan sebesar 500 GB. Harga yang berbeda tersebut tentunya tergantung dengan kualitas masing-masing penyimpanan dan bisa memilih sesuai kebutuhan. 

6. Ketahanannya

Perbedaan SSD dan HDD yang harus kamu perhatikan yaitu dari ketahanannya. Komponen yang kamu beli ini tentunya memiliki kekuatan tersendiri tergantung dari cara penggunaannya sehari-hari. Jenis SSD sendiri memiliki ketahanan lebih unggul dari HDD karena bentuk yang ringkas dan menggunakan chip

Dengan begitu SSD, akan lebih tahan terhadap benturan yang tidak disengaja. Jika HDD terbilang rentan karena masih menggunakan cara kerja mekanik di dalamnya. Sehingga jika terjadi benturan bisa menyebabkan HDD mati atau lebih parahnya hilangnya file di dalamnya.

7. Kenyamanannya

Orang-orang memilih kedua jenis penyimpanan ini berdasarkan kenyamanan saat menggunakannya. Dalam sebuah laptop atau PC biasanya penyimpanan ini digunakan sebagai sistem operasi untuk buka tutup aplikasi atau file. Kemudian juga digunakan sebagai booting laptop atau PC.

Dari SSD memiliki performa lebih bagus karena kemampuan baca dan tulisnya tinggi sehingga saat buka tutup aplikasi atau file jadi lebih cepat. Sedangkan HDD membutuhkan waktu lumayan lama dan sering membuat penggunanya tidak sabar karena kemampuan baca dan tulisanya yang kecil.

Apakah Sudah Paham dengan Perbedaan SSD dan HDD?

Dengan demikian, terdapat beberapa perbedaan SSD dan HDD di atas yang bisa kamu pahami. Kedua penyimpanan di atas pastinya memiliki kemampuan dan performa yang berbeda. Jadi manakah penyimpanan pilihanmu?

Leave a Comment