Fakta-Fakta Unik Mengenai Piala Dunia 2022 Qatar

Menginjak tahun 2022, tidak terasa kalau Piala Dunia akan diadakan lagi. Setelah Rusia yang menjadi tuan rumah, kini giliran Qatar yang akan menjamu 32 tim sepak bola dari penjuru dunia. Menjelang perhelatannya di bulan November mendatang, ada beberapa fakta unik Piala Dunia 2022 yang mungkin membuat kamu terkagum.

Fakta Menarik Piala Dunia 2022 Qatar

Dari segi geografis, Qatar adalah satu dari sedikit negara Timur Tengah yang dipercayai untuk menggelar kejuaraan sepak bola 4 tahunan ini. 

Tentu faktor tersebut mempengaruhi banyak keputusan, terutama dalam menyiapkan stadion.

Penasaran apa saja yang berbeda di kejuaraan dunia kali ini? Berikut ini adalah beberapa fakta menarik seputar Piala Dunia 2022

1. Piala Dunia dengan Biaya Paling Fantastis

Demi menunjang event yang aman dan nyaman, pemerintah Qatar tidak segan-segan dalam merogoh kocek mereka.

Hal ini terbukti dengan budget yang memiliki perkiraan lebih dari 220 miliar dolar AS. Kalau dalam rupiah, itu hampir 3.000 triliun, lho. Bayangkan sudah bisa beli apa saja dengan uang sebanyak itu.

Namun angka tersebut muncul bukan tanpa sebab. Pasalnya, Piala Dunia kali ini memang punya banyak penyesuaian, utamanya untuk membangun infrastruktur untuk menciptakan pengalaman menonton pertandingan yang tidak pernah ada sebelumnya.

2. Piala Dunia Paling “Ngaret”

Kalau kamu perhatikan, Piala Dunia yang ada sejauh ini berlangsung rata-rata pada musim panas, yakni Mei hingga Juli.

Hanya saja, karena iklim yang super panas, FIFA tidak berani untuk mengadakan Piala Dunia 2022 di bulan-bulan tersebut. Maka keputusan yang lebih tepat adalah untuk mengundurnya hingga masa-masa musim dingin, yakni Januari hingga Maret.

Namun lagi-lagi Qatar harus mengalah karena pada bulan-bulan itu ada Olimpiade Musim Dingin yang bertempat di Beijing. Maka Piala Dunia terpaksa “ngaret” hingga bulan November sampai Desember tahun ini.

3. Masih Membutuhkan Pendingin Udara

Waktu yang sudah dipilih ternyata tidak membuat Qatar mengentengkan masalah penyesuaian suhu. Malahan, stadion untuk Piala Dunia kali ini akan dilengkapi dengan sistem pengatur udara yang dipercaya dapat mendinginkan venue hingga suhu 20 derajat Celcius.

4. Stadion Ramah Lingkungan ala Puzzle

piala dunia 2022

Salah satu keistimewaan dari perhelatan tingkat internasional ini hadir dari teknologi stadionnya. Selain sistem pengatur udara yang canggih, kabarnya tujuh dari delapan stadion di Qatar ini tidak benar-benar permanen.

Stadion untuk Piala Dunia 2022 memiliki teknologi Zero Waste yang membuat bangunannya bisa dibongkar pasang layaknya puzzle. Hal ini bertujuan agar lahan yang sempat terpakai untuk stadion bisa bermanfaat untuk jadi hal lain dan tidak menganggur jadi stadion kosong.

Selain itu, bahan bangunan stadion yang sudah lepas tadi kabarnya juga bisa jadi stadion baru bagi negara berkembang yang membutuhkan.

5. Venue yang Relatif Berdekatan

Iklim yang panas mungkin membuat Qatar harus memutar otak untuk membuat para tamunya nyaman. Meski begitu, negara ini punya keuntungan dari segi tata letak.

Tidak hanya memiliki jumlah stadion yang relatif sedikit, Qatar juga sudah mempunyai titik-titik strategis yang memudahkan akses antar satu stadion dengan yang lainnya. Hal ini terbukti dengan jarak antar venue terjauh mereka yang hanya berkisar 90 mil atau 144 km.

Tidak hanya itu, titik-titik pusat pertandingan ini juga sudah lengkap dengan infrastruktur hotel yang memadai, sehingga penonton juga bisa leluasa merasakan eksotisnya Qatar sembari menunggu pertandingan.

6. Hukum yang Ketat Mengenai Alkohol

Karena menganut hukum yang sarat akan nilai keislaman, Qatar akan menindak serius konsumsi minuman beralkohol secara terang-terangan. Hal ini tidak terkecuali pada Piala Dunia 2022.

Meski begitu, alkohol tidak benar-benar dilarang. Jika pengunjung ingin mengonsumsi minuman beralkohol ketika Piala Dunia, kamu dapat meminumnya di daerah hotel atau stadion yang lebih tertutup.

Qatar sempat mencoba menerapkan zona-zona tertentu khusus alkohol, namun belum ada perkembangan berarti dari kebijakan tersebut.

Berbeda dengan alkohol yang masih memiliki kelonggaran, Qatar punya aturan yang sangat ketat untuk penggunaan ataupun penjualan obat-obatan terlarang. Bahkan bukan tidak mungkin pengadilan Qatar akan menghukum mati WNA kalau terbukti membawa narkoba.

7. Pengembangan Transportasi yang Ambisius

Nampaknya tidak hanya di Indonesia, pengembangan transportasi juga jadi kendala besar di Qatar, apalagi dengan adanya Piala Dunia 2022 ini.

Dari total 2.500 km jalan tol, Qatar menargetkan pembangunan sekitar tiga kali lipat pada tahun 2020, yakni 8.500 km. Armada bus juga akan mengalami peningkatan jumlah yang awalnya 400 buah menjadi 2.000.

Untuk mewujudkan pengembangan ini saja Qatar sudah mempersiapkan sekitar 20 triliun rupiah. Jumlah yang tidak seberapa jika melihat total biaya.

Piala Dunia 2022 Penuh Serba-Serbi

Dengan persiapan yang memakan waktu sangat lama, harapannya Piala Dunia 2022 di Qatar akan jadi salah satu perhelatan sepak bola yang tidak hanya berkesan bagi para pemain tetapi juga penontonnya.

Leave a Comment