8 Situs Freelance Indonesia untuk Dapatkan Pendapatan Tambahan

Mau mendapatkan penghasilan tambahan? Ini adalah beberapa situs freelance indonesia yang terpercaya dan aman untuk pemula!

situs freelance

Ingin cari pendapatan tambahan tapi bingung harus mulai dari mana? Yang pertama kamu harus lakukan adalah menemukan situs penyalur pekerjaan dengan kredibilitas tinggi. Tetapi, akhir-akhir ini situs-situs seperti itu bertebaran dimana-mana. Nah, ini adalah rekomendasi situs freelance Indonesia terbaik yang bisa menjadi pilihanmu versi Indotimes.

Situs Freelance Indonesia

Saking banyaknya situs freelance di Indonesia, kamu bisa menjadi bingung memilih yang mana yang terbaik. Berikut adalah rekomendasi situs freelance beserta dengan kelebihannya yang bisa kamu jadikan pertimbangan, antara lain:

1. Project.co.id

Project.co.id adalah salah satu pilihan situs yang tepat jika kamu mencari variasi opsi pekerjaan sekaligus peluang membuka bisnis. Kamu bisa menemukan banyak opsi di berbagai bidang seperti desain grafis, video editing, audio editing, programming, content writing, serta copywriting

Situs ini juga memberikan peluang kepada kamu yang mempunyai produk-produk digital yang ingin diperjualbelikan seperti hasil desain grafis, e-book, video, bahkan template desain website.  

Selain itu, kamu bisa mendapatkan kesempatan mendapatkan komisi tambahan jika kamu berhasil mengundang teman untuk menggunakan project.co.id. 

Kamu tinggal mengikuti semua instruksi di dalam program yang bernama Affiliate Referral termasuk menggunakan fitur mengundang teman kamu melalui link yang disediakan. 

2. Sribulancer

Kalau kamu seorang pemula atau mahasiswa, Sribulancer adalah salah satu rekomendasi terbaik. Banyak orang yang mencari pengalaman bekerja lepas melalui situs freelance Indonesia ini karena sistem pembayarannya yang terbilang mudah. 

Pembayarannya tersedia dalam bentuk transfer bank dalam rupiah maupun dolar Amerika. Jadi, sistem ini sangat cocok bagi pemula yang belum memiliki kartu kredit. Selain itu, proyek di dalam situs ini juga beragam seperti desain, programming, serta dunia kepenulisan.

3. Fiverr

situs freelance

Salah satu keunggulan dari Fiverr adalah sistem kerjanya yang berbeda dari situs freelance pada umumnya. Di sini, kamu-lah yang bertanggung jawab memperkenalkan diri dan memasang pengumuman bahwa kamu menerima jasa tertentu. 

Jadi, klien-lah yang akan mendatangi kamu jika mereka tertarik dengan apa yang kamu pasang atau tawarkan. 

Nah, apakah aman mempromosikan diri di situs ini? Situs freelance ini ternyata menawarkan keamanan yang tinggi kepada setiap pengguna. Jadi, data kamu tersimpan dengan aman di dalam sistem keamanan yang canggih. 

4. Upwork

Upwork adalah salah satu situs freelance terkenal di Indonesia. Seperti halnya Fiverr, Upwork juga menawarkan sistem pembayaran yang unik. 

Situs ini memberikan kesempatan kepada kamu dan klien untuk memilih sistem pembayaran per projek ataupun per jam. Keunggulan ini tentu memberikan kamu fleksibilitas yang tidak ada di situs lain. 

Selain itu, Upwork mempunyai fitur yang bisa membantu kamu dalam pengembangan karir yaitu Collaborative Space dan pembuatan invoice

5. Freelancer

Freelancer mungkin terlihat sulit di awal karena ada kewajiban membayar jika ingin menjadi anggota dari situs ini. Akan tetapi, kamu ternyata diberikan akses gratis di mana kamu bisa mengirimkan delapan proposal kepada klien sebagai uji coba. 

Jika kamu merasa nyaman dengan situs ini, baru kamu harus membayar untuk berlangganan.

Kalau kamu masih ragu, Freelancer ini ternyata cukup terkenal. Hampir sekitar 42 juta pencari kerja lepas serta klien telah mempercayai situs ini untuk berbisnis. 

6. Toptal

Toptal bukanlah situs freelance untuk pemula tapi cukup terkenal di Indonesia. Situs ini dipertuntukkan untuk kamu yang sudah mempunyai portfolio yang berkualitas. Sebab, kamu membutuhkan kemampuan yang spesifik dan terbaik untuk lolos uji seleksi ketat sebelum menjadi bagian dari penyalur kerja lepas ini.

Meskipun begitu, pendapatan dari proyek yang kamu dapatkan bisa sangat menghasilkan entah itu dari proyek jangka panjang ataupun jangka pendek. Namun, kamu memang harus sudah memiliki kemampuan elit. 

7. SimplyHired

SimplyHired merupakan salah satu situs penyalur pekerjaan yang menawarkan berbagai variasi dan kemudahan. 

Kamu bisa menemukan banyak lowongan projek menarik dalam skala internasional seperti administrasi, teknologi, digital, bahkan konstruksi. Jadi, kamu bisa menambah koneksi hingga 24 negara yang terintegrasi di dalamnya. 

Selain itu, SimplyHired juga memungkinkan kamu mendapatkan pekerjaan offline berdasarkan dengan lokasi dan kemampuan kamu. Jadi, kamu tidak perlu kesulitan mencari proyek sendiri. 

8. PeoplePerHour

PeoplePerHour adalah situs freelance yang mungkin kurang terkenal di Indonesia dibandingkan situs-situs lain. Akan tetapi, situs penyedia pekerjaan ini bisa menantang kamu untuk lebih baik lagi. Sebab, PeoplePerHour menyediakan sistem rating yang cukup ketat. Klien bisa memberikan rate sesuai dengan hasil pekerjaan kamu.

Jadi, persaingan dengan freelancer lain cukup tinggi sehingga kamu harus pintar menentukan harga jasa yang sesuai dengan kemampuan kamu.

Mau Pakai Situs Freelance Indonesia Mana?

Situs freelance di Indonesia bertebaran dimana-mana. Kamu bisa memilih sesuai dengan situasi kamu saat ini. Jika kamu pemula, akan lebih baik untuk menggunakan situs yang ramah bagi pemula. Siap dapat penghasilan tambahan?

Leave a Comment