Suara menghentak di knalpot mobil, berikut fakta dan solusi nya

Suara yang timbul dari knalpot mobil memang membuat kita gelisah. Tentunya masalah ini bisa kita atasi dan segera memperbaikinya.

Suara menghentak di knalpot mobil

Suara menghentak di knalpot mobil terkadang membuat kita gelisah dan khawatir, serta ingin segera memperbaikinya.

Saat ini mengendarai mobil di jalan raya telah menjadi tren sehari-hari dalam membantu aktivitas manusia,

mobil merupakan salah satu kendaraan transportasi umum yang perlu dijaga kualitas mesin nya agar dapat berjalan dengan baik.

Kondisi suara menghentak di knalpot mobil terkadang juga kita rasakan saat mengendarai mobil dan pada saat kondisi tersebut membuat kita merasa tidak nyaman terutama di bagian knalpot mobil.

Hal ini biasanya merupakan bagian awal dari gangguan pada mobil sebelum terjadi gangguan pada bagian mobil lainnya.

Apakah fakta yang terjadi dalam ketika kita mengalami kondisi tersebut? Dan Bagaimana solusi nya?. Berikut kita simak pembahasan nya.

Suara menghentak di knalpot mobil terkadang disebabkan oleh proses pembakaran yang tidak sempurna yang terjadi di dalam mesin.

Saat kita mengalami masalah pada mesin mobil terutama di bagian knalpot, hal ini dapat disebabkan pada mesin mobil terjadi proses pembakaran yang tidak sempurna, atau biasa disebut misfire.

Proses suara menghentak di knalpot mobil tersebut terjadi di saat proses pembakaran pada mesin dengan waktu yang tidak tepat.

Hal ini juga bisa disebabkan kurangnya bahan bakar atau kelebihan bahan bakar, sehingga bahan bakar mesin terjadi proses pembakarannya di knalpot.

Selanjutnya dapat terjadi di komponennya yang mengalami kerusakan, seperti pada bagian coil, busi, injektor, dan bagian lainnya.

Dari masalah tersebut, dapat juga terjadi karena kondisi busi telah lama tidak diganti,

atau busi telah mengalami kerusakan, serta terkadang dalam mengisi bahan bakar secara tidak sengaja terjadi pencampuran bahan bakar.

Hal ini dapat terjadi pada kondisi mobil yang mempunyai sistem karburator sebagai proses supplai bahan bakar di mesin mobil.

Oleh karena itu pada proses pembakaran tidak sempurna yang terjadi pada mesin mobil juga mengakibatkan pipa knalpot mengalami penyumbatan hingga kebocoran.

Apabila hal ini tidak diperbaiki dapat mengakibatkan terjadi penurunan performa mobil secara terus menerus.

Kebocoran pada gasket sambungan pipa knalpot salah satu penyebab suara menghentak di knalpot mobil

Dalam bagian knalpot mobil terdapat gasket (segel) terleta diantara dua pipa knalpot mobil.

Pada bagian tersebut sangat rentan sehingga dapat terjadi kerusakan hingga mengalami kebocoran.

Apabila hal ini telah terjadi di bagian knalpot mobil tersebut,

suara menghentak di knalpot mobil akan terdengar lebih keras dan muncul bubuk residu berwarna hitam yang menempel pada bagian sambungan knalpot mobil.

Hal ini juga menjadi penyebab masalah suara hentakan tersebut yang terkadang kita tidak menyadari nya.

Selain itu residu oil mesin yang menempel pada bagian dalam knalpot juga sehingga mengakibatkan mobil tidak terawa dengan baik sehingga mengalami penyumbatan pada mesin yang berujung masalah pada penurunan mesin.

Komponen pada bagian pipa knalpot yang mengalami kerusakan dan terletak di bagian mobil. Anda terkadang lalai dalam memperhatikan kondisi pada mobil tersebut.

Termasuk mobil yang telah berumur tua diatas 10 tahun yang telah terjadi proses pengeroposan di bagian sistem pembuangan hingga mengalami kebocoran dan timbul suara hentakan yang berpengaruh pada bagian knalpot mobil.

Mesin mobil yang memiliki teknologi tertentu dapat mengurangi kasus suara menghentak pada mesin bagian knalpot mobil

Saat ini mobil telah banyak memiliki teknologi terbaru yang telah diterapkan di bagian mesin.

Salah satunya teknologi Electronic Fuel Injection (EFI) dengan memiliki kelebihan yaitu jarang terjadi suara menghentak di knalpot mobil yang membuat resah dan gelisah pemilik mobil.

Mobil yang memiliki teknologi Ekectronic Fuel Injection ini bahkan dapat mengurangi masalah terkait suara menghentak di knalpot mobil kecuali mobil tersebut telah dimodifikasi pada bagian knalpot yang mengakibatkan proses peredam gas buang pada mesin mobil menjadi tidak baik.

Pads umumnya mobil yang memiliki teknologi ini telah mengalami kondisi prima dan terhindar darri benturan dan hentakan.

Namun apabila mobil anda mengalami hal tersebut, hendaknya anda langsung dapat memeriksa sumber bunyi hentakannya, apakah pada bagian knalpot atau di bagian mobil lainnya.

Perlunya melakukan tune up pada mobil Anda agar tidak terjadi suara menghentak di knalpot mobil

Proses Tune Up pada mobil adalah kegiatan yang harus dilakukan untuk kendaraan mobil anda dengan tujuan untuk memeriksa kondisi mesin mobil agar dapat terjaga dengan baik.

Performa mesin mobil yang bagus sehingga tidak mengalami masalah terutama pada bagian knalpot mobil hingga karburator mobil yang kotor.

Tune up juga disenut sebagai proses penyetelan ulang mesin mobil dengan membersihkan semua komponesn dan sistem mobil menjadi kondisi seperti semula serta meningkatakan performa mesin mobil.

Perlunya melakukan tune up pada mesin mobil agar suara menghentak di knalpot mobil dapat teratasi hingga tidak muncul kembali suara hentakan tersebut pada mobil anda.

Proses melakukan Tune up mobil merupakan salah satu solusi yang paling direkomendasi untuk anda dengan melakukan tune up mobil secara rutin dapat mengurangi dan mencegah masalah yang terjadi pada mobil anda.

Terutama suara hentakan di knalpot mobil tersebut. Selain itu dapat mencegah terjadinya kerusakan di bagian komponen mobil lainnya sehingga anda dapat mengendarai mobil dengan aman dan nyaman di jalan raya.

Melakukan Tune up mobil dapat memastikan Filter Udara, dan meningkatkan performa pada komponen mesin termasuk pada bagian knalpot mobil

Melakukan tune up pad mobil secara rutin dapat memastikan komponen pada mobil termasuk bagian knalpot mobil dapat terawat dengsn baik.

Kurangnya perawatan pada mobil, akibatnya dapat membuat filter udara, khususnya pada bagian knalpot menjadi tidak berfungsi seperti biasanya hingga dapat terjadi suara menghentak di knalpot mobil yang cukup meresahkan.

Hal ini yang menjadi alasan bahwa mobil harus melakukan tune up secara rutin, karena dapat berpengaruh terhadap komponen pada bagian mesin.

Untuk mobil yang memiliki teknologi Injeksi seperti EFI perlu dilakukan pemeriksaan secara khusus agar performa sistem pad mobil menjadi optimal.

Dengan memastikan komponen pada mobil anda semakin terawat dan teratur,

maka performa mesin mobil anda menjadi lebih stabil, terutama pada bagian knalpot.

Dengan kondisi komponen mobil yang stabil, masalah suara mengentak di knalpot mobil dapat berkurang bahkan tidak muncul kembali pada mesin mobil anda.

Dengan melakukan tune up pada mobil, dapat mengoptimalkan Performa Mesin, Memperpanjang usia mobil hingga membuat anda nyaman saat berkendara

Melakukan proses tune up pada mobil juga dapat memperpanjang usia mesin pada mobil anda.

Tune up pada mobil hendaknya dilakukan di tempat bengkel yang memiliki kualitas bagus.

Salah satu nya tempat bengkel yang menjadi rekomendasi yaitu di Bengkel Dokter Mobil.

Melakukan tune up pada mobil di tempat bengkel yang terbaik dan memiliki rekomendasi yang bagus dapat menjaga performa mesin mobil anda menjadi seperti kondisi semula sehingga suara menghentak di knalpot mobil tidak terdengar kembali pada mesin mobil anda.

Walaupun mobil anda bukan merupakan tipe keluaran tahun terbaru, namun dengan melakukan tune up pada mobil anda,

performa mesin mobil anda terjaga dengan baik dan anda sebaiknya rajin mengecek kondisi mobil anda melalui tune up di bengkel terbaik, salah satunya di Bengkel Dokter Mobil.

Mobil yang melakukan tune up dengan rutin dan rajin juga membuat anda nyaman dalam menggunakannya,

dan anda perlahan-lahan tidak mendengar lagi suara menghentak di knalpot mobil seperti sebelumnya.

Anda dapat mengendarai mobil yang telah di tune up dengan aman dan nyaman.

Dan tentunya dapat memberikan manfaat bagi anda dan mobil anda selama berkendara setiap saat.

Leave a Comment