SUMBER AIR SIRAH, MENIKMATI SUMBER AIR SEGAR

Kota Malang memang terkenal sebagai kota dengan berbagai wisata populer. Mulai dari wisata kuliner, edukasi, hingga wisata alam seperti Sumber Air Sirah.

SUMBER AIR SIRAH, MENIKMATI SUMBER AIR SEGAR

Kota Malang sudah terkenal dengan puluhan wisata terkenal. Salah satu kota wisata di Jawa Timur ini memang menawarkan banyak pariwisata,

mulai dari wisata edukasi, wisata alam seperti Sumber Air Sirah, wisata permainan hingga wisata kuliner yang bermacam-macam ada didalam kota wisata ini.

Pada kesempatan ini, kami hendak memperkenalkan kepada Anda dalam salah satu wisata baru yang belum banyak diketahui khalayak umum, yaitu Sumber Mata Air Sumber Air Sirah yang terletak di kecamatan Gondang, Legi Malang.

Sumber ini terletak dekat dengan Sumber Maron, sehingga karakteristik airnya hampir mirip dengan Sumber Air Sirah yang ada di Tulungagung.

Kemiripan ini ditunjang atas persamaan kandungan air yang terlintas pada jalur yang sama.

Menjelang liburan, sebagian besar orang mulai menghabiskan waktu untuk berlibur bersama keluarga, pasangan, atau teman.

Sumber ini dapat menjadi salah satu alternatif pilihan untuk dapat Anda gunakan.

Karakter Sumber Air Sumber Air  Sirah

Sebagaimana namanya, Sumber Air Sirah di Malang ini memiliki sumber air jernih dengan perpaduan pemandangan dasar yang menawan nan indah.

Ketika cuacana cerah, akan dapat dengan mudah pengunjung melihat kekayaan alam yang tergambar cantik pada dasar sumber ini.

Berbeda dengan sumber air lain yang hanya bisa menjadi tempat bermain air atau berenang, pada wisata alami ini dapat juga Anda pergunakan untuk snorkeling.

Ketinggian air yang tidak terlalu tinggi, tidak akan membahayakan Anda yang belum lihai dalam menyelam.

Didalam kolam Sumber Air Sumber Air Sirah Malang ini, ditemukan banyak sekali ganggang hijau di dasar kolamnya, yang membuat pemandangan snorkeling ada begitu berkesan.

Warna hijau dari ganggang ini mendominasi warna sumber air ini, jika dilihat dari jarak jauh.

Mata Air Sumber Air Sirah

Sumber ini tidak hanya cantik, sumber air nya juga segar dan sangat jernih. Pengunjung dapat menikmati pemandangan yang dissajikan Sumber Wisata ini dengan berenang atau sekedar bermain air didalam Sumber.

Udara yang segar, pemandangan cantik, serta air yang jernih ini, tidak heran banyak wisatawan yang tidak hanya berlibur tapi juga mengabadikan momennya.

Mata air yang jernih memungkinkan Anda dapat menawarkan pemandangan bawah air yang indah dengan penampakan ekosistem cantik dibawahnya.

Telaga dengan air jernih ini memungkinkan pengunjung dapat melihat jelas hamparan ganggang hijau didasar air dengan beberapa ikan kecil yang menari-menari diantaranya.

Pemandangan indah tidak terhenti disitu, selama pengunjung menikmati suasana air, disekeliling telaga dipenuhi pohon-pohon rindang yang membuat suasana liburan menjadi semakin menyenangkan.

Hembusan angin sejuk akan menerpa pengunjung- pengunjung yang melakukan wisata di Sumber Air Sumber  Air Sirah ini.

Kedalaman hingga 1,5 Meter

Sumber ini memang tidak begitu dalam,dengan kontur kedalaman 0,8 hingga 1,5 meter. Namun Anda masih dapat menyewa ban karet untuk perlindungan diri.

Hanya dengan menyewa sebesar Rp. 5.000 rupiah, Anda sudah bisa menggunakan ban karet ini.

Menikmati kindahan air yang memukau ini, juga disediakan beberapa fasilitas tambahan untuk dapat dipergunakan oleh pengunjung.

Seperti penyewaan peralatan renang, dan beberapa kios makanan yang menjual makanan ringan untuk mengisi perut pengunjung.

Tambahan wisata juga ada dengan lintasan sungai. Ini dapat dipergunakan oleh pengunjung dalam River Tubbing atau menjelajahi sungai.

Memang panjang sungai tidak begitu panjang, namun masih cukup untuk dipergunakan pada wisata air ini.

Keseruan dalam wisata air pada Sumber Air Sumber Air Sirah ini ditambah dengan beberapa fasilitas yang disediakan untuk menjaga keselamatan pengunjung.

Keamanan Pengunjung Juga Diperhatikan

Hal yang tidak kalah penting selama berada dalam Sumber Air Sumber Air Sirah ini adalah dengan menjaga keamanan satu sama lain.

Terdapat pelarangan keras pengunjung untuk meloncat kedalam kolam dengan keras. Pengunjung juga tidak diperbolehkan bermain berlebihan selama berada didalam kolam.

Pengunjung belum begitu pandai bermain dapat menyewa ban karet atau pakaian renang sebagai penjaga keselamatan selama berada dialam sumber air.

Para pengunjung juga diminta penjaga untuk selalu berhati-hati dengan keluarganya.

Karena tidak menutup  kemungkinan arus tekanan air yang tinggi seringkali menambah debit air dalam kolam.

Hal yang tidak kalah penting adalah, menghindari mengunjungi area sumber Air ketika dalam cuaca hujan atau telah terjadi hujan besar.

Hal yang patut diwaspadai adalah kemungkinan naiknya debit air yang memicu maiknya tinggi rata-rata sumber.

Belum lagi, jika kondisi hujan lebat, dapat membuat pohon-pohon disekitar sumber air roboh.

Sumber Air dengan pemandangan indah ini masih belum banyak pengunjungnya.

Meskipun pengelola sudah menerapkan harga ringan Rp 5.000 dalam tiket masuknya, namun masih  belum begitu ramai.

Leave a Comment