Memilih Sunscreen untuk Kulit Berjerawat, Jangan Sampai Salah!

Penggunaan sunscreen sebagai salah satu kebutuhan primer dalam rangkaian skincare harian, memang seringkali membuat bingung lantaran harus memilih sunscreen seperti apa. Jika ingin menemukan sunscreen untuk kulit berjerawat yang tepat, kenali dulu kebutuhan kulit sendiri dan juga kandungan produknya.

Mengapa Sunscreen untuk Kulit Berjerawat Sangat Penting?

Sunscreen atau tabir surya merupakan salah satu step perawatan wajah yang sangat penting. Seperti namanya, pemakaian tabir surya ini berfungsi untuk menghindari kulit dari radiasi sinar UV A dan UV B yang ada di matahari.

Kandungan di dalamnya dapat melindungi kulit wajah dari sunburn, sehingga menghindari warna kulit yang tidak rata. Manfaat sunscreen lainnya juga membantu pemakaian skincare routine kamu menjadi tidak sia-sia.

Kulit wajah yang sudah dirawat dengan sejumlah skincare dapat bekerja dengan baik ketika permukaan wajah mendapatkan proteksi secara menyeluruh. Mengaplikasikan sunscreen untuk kulit berjerawat akan membantu mengurangi kemungkinan adanya noda hitam akibat bekas jerawat.

Dampak Tidak Menggunakan Sunscreen

Meskipun terdengar sepele, tanpa sadar sinar matahari yang setiap hari kamu lihat akan memberikan dampak yang kurang baik bagi kondisi kulit terutama wajah. 

Dalam jangka pendek, melewatkan pemakaian sunscreen bisa membuat kulit wajah terbakar dan kemerahan. Hal ini juga bisa membuat wajah kamu belang sehingga tampilan warna kulitnya jadi tidak rata.

Pada jangka panjang, wajah yang sering terpapar matahari tanpa perlindungan tabir surya akan membuat munculnya flek hitam, kulit kering, kerusakan jaringan kulit dan bahkan kanker kulit. 

Selain itu berbagai permasalahan kulit akan jadi semakin parah, seperti munculnya komedo dan penuaan dini. Bahkan manfaat sunscreen menjadi step penting untuk kulit berjerawat dan berminyak.

Tips Memilih Sunscreen untuk Kulit Berjerawat

Kadang diri ini sering merasa ragu dalam menentukan kebutuhan kulit wajah. Tidak sedikit orang yang menggunakan sunscreen merasakan wajah ‘berminyak’ dan takut menimbulkan jerawat lain nantinya. Maka, berikut ini tips kecantikan supaya tidak salah dalam memilih produk tabir surya ini.

1. Memilih Sunscreen yang Ringan

Pemilihan sunscreen untuk kulit berjerawat harus tepat. Pilihlah produk dengan tekstur ringan yang tidak meninggalkan whitecast dan juga jenis yang mudah menyerap. 

Biasanya kulit berjerawat cenderung berminyak di bagian T-zone. Sehingga produk yang memiliki tekstur gel akan lebih mudah menyerap karena kandungan air yang banyak dan memberikan hasil yang lebih mate. Saat ini ada banyak sunscreen ringan yang tidak meninggalkan whitecast seperti Acne UV Tint.

2. Oil Free

Bakteri yang ada di wajah akan semakin parah apabila kulit memiliki banyak minyak. Maka dari itu penting untuk mencari sunscreen yang memiliki kandungan oil free. Sehingga tidak akan memperbanyak kandungan minyak pada wajah.

sunscreen untuk kulit berjerawat

Contoh produk sunscreen dengan kandungan oil free adalah Biore UV Aqua Rich Watery Gel yang banyak mengandung hyaluronic acid yang dapat melembabkan wajah.

3. Non-comedogenic

Produk yang mengandung non-comedogenic tidak akan menyumbat pori-pori wajah, sehingga tidak menyebabkan munculnya komedo. Beberapa produk seperti Avoskin The Great Shield Sunscreen bisa melindungimu dari radiasi sinar UV dan bebas komedo.

4. Hybrid Sunscreen

Hybrid sunscreen merupakan tabir surya yang memiliki dua sifat physical dan chemical. Yang mana tidak hanya melindungi sinar matahari, tapi juga memiliki kandungan skincare misalnya untuk mencerahkan kulit. 

Manfaat sunscreen ini juga cocok untuk kulit berjerawat, sebab bisa sedikit mencerahkan wajah dari noda hitam. Kamu bisa memilih produk seperti Lacoco Daily UV Counter, L’Oreal UV Defender Matte & Fresh, dan Skin Aqua UV Moisture Milk.

5. Sunscreen yang Mudah Dibersihkan

Salah satu hal yang paling berdampak pada kulit yang sensitif atau berjerawat adalah ketika wajah menerima banyak produk yang tertinggal di permukaan. Oleh karena itu, saat memilih sunscreen untuk kulit berjerawat dan berminyak sebaiknya memilih produk yang mudah dibersihkan dan yang tidak waterproof

Produk ringan seperti Azarine Cosmetics Hydra Soother Sunscreen Gel tidak akan meninggalkan sisa produk di wajah kamu.

Sudah Tahu Tips Memilih Sunscreen untuk Kulit Berjerawat?

Meskipun kulit kamu berjerawat, menggunakan sunscreen tetap menjadi perihal yang penting. Maka, selama kamu bisa mengenali jenis, kebutuhan wajah, serta mengamati kandungan sunscreennya, maka produk tersebut tidak akan memperparah jerawat yang ada di wajah.

Leave a Comment