7 Tips Packing Agar Liburan Jadi Lebih Nyaman!

Pergi berlibur atau staycation pastinya menyenangkan. Akan tetapi, kamu perlu sekali mempersiapkan hal-hal penting termasuk juga soal mengemas pakaian dan kebutuhan selama berlibur. Ada beberapa tips packing yang bisa kamu gunakan di bawah ini agar nantinya koper atau tas yang akan kamu gunakan bisa lebih efisien.

Beberapa Tips Packing Agar Efisien

Coba kamu ikuti tips-tips yang ada di bawah ini agar liburan menjadi lebih nyaman. Terus simak sampai akhir ya!

1. Membuat Daftar Barang yang Akan Dibawa

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah membuat sebuah daftar dari barang-barang yang nantinya akan kamu bawa ketika liburan. Daftar ini berguna untuk beberapa alasan. Alasan apa sajakah itu?

Pertama, agar nantinya kamu bisa selalu cek barang apakah tertinggal atau tidak ketika melakukan perpindahan lokasi atau penginapan selama liburan. Kedua, menentukan besarnya tas atau koper yang akan kamu gunakan selama liburan.

Ketika membuat daftar bawaan, kalau bisa kamu selalu pertimbangkan apakah barang yang kamu data sudah sesuai dengan kebutuhan selama berlibur. Kalau barang-barang yang kamu buat di daftar ada yang mudah kamu cari di tempat liburan, maka tinggalkan saja di rumah. 

Contohnya seperti sabun atau perlengkapan mandi lainnya yang bisa kamu beli di toko-toko atau minimarket terdekat dari lokasi liburan.

2. Menggulung Baju yang Kamu Akan Pakai

tips packing

Tips berikutnya adalah menggulung baju-baju yang akan kamu kenakan nantinya di tempat liburan. Mengapa harus menggulung baju-baju tersebut? 

Alasannya adalah karena ketika kamu menggulung baju, maka ruang-ruang kosong bisa terisi secara efisien. Jadi, akan lebih banyak baju yang muat masuk ke dalam koper atau tas milikmu.

3. Menyusun Barang Bawaan Sesuai Prioritas Penggunaan

Selain menggulung baju, kamu juga harus bisa melakukan tips packing dengan menyiasati hal-hal kecil lainnya. Contohnya saja adalah menyusun barang berdasarkan prioritas pemakaian. Meskipun tampaknya remeh, tetapi jika kamu melakukannya pastinya perjalanan liburan akan jadi lebih nyaman.

Susunan biasanya adalah bagian bawah berisi baju yang akan terpakai paling akhir. Lalu baju yang dipakai pada waktu terdekat harus masuk ke bagian koper atas (atau yang mudah dijangkau) atau ke dalam tas. Jadi ketika kamu ingin mengambilkan tidak perlu lagi bongkar semuanya yang ada di tas.

4. Memakai Tas Khusus untuk Benda-benda Penting

Selanjutnya ada tips packing untuk kamu yang mungkin melakukan perjalanan liburan dengan membawa benda tertentu. Nah jika itu benda-benda utama seperti handphone, pemotong kuku, flashdisk, dan lain sebagainya, maka gunakanlah tas khusus.

Tidak perlu tas yang berukuran besar. Kamu bisa menggunakan tas kecil untuk benda-benda semacam itu. Selain untuk mempermudah dalam menjangkau benda-benda penting khusus semacam itu, penggunaan tas kecil juga mempermudah kamu dalam mobilitas.

5. Membawa Kresek dan Karet Gelang

Yang tidak kalah pentingnya juga untuk kamu lakukan yaitu mengikuti tips packing dengan membawa kantong kresek dan karet gelang. Untuk apa sih kedua benda ini? Meskipun nampak sepele, kresek dan gelang karet yang kamu sediakan sangat penting untuk nantinya merapikan beberapa barang milik kamu. 

Misalnya kresek plastik berguna untuk mengantongi baju-baju kotor yang kamu punyai. Sedangkan untuk karet bisa kamu gunakan untuk mengikat barang-barang seperti charger handphone.

6. Menyediakan Uang Cadangan di Beberapa Tempat

Saat kamu melakukan liburan apalagi sebagai seorang backpacker, jangan menyimpan uang hanya pada satu tempat saja. Kamu perlu menyimpannya di beberapa tempat. Hal ini berguna untuk menjadi cadangan jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan misalnya kecopetan.

Selipkan beberapa uang cadangan pada bagian-bagian yang sekiranya mudah kamu jangkau tetapi tidak disangka-sangka oleh orang lain. Misalnya menyelipkan uang di kaos kaki. Tidak akan ada orang yang menyadari dan mau untuk meraba bagian tersebut untuk mencurinya.

7. Memilih Jenis Tas atau Koper Sesuai Lokasi Berlibur

Mau pergi berlibur kemana kamu nantinya? Jawaban untuk pertanyaan yang satu ini penting. Kamu perlu tahu dulu mau pergi kemana agar tas atau koper yang kamu bawa sesuai dengan lokasi berlibur yang kamu tuju.

Tidak lucu juga kalau semisal seseorang yang memang ingin berlibur di bukit atau gunung membawa koper besar. Tentu saja ini akan menyulitkan diri kamu sendiri.

Kalau kamu memang hendak berlibur dengan jalur atau track yang cukup menantang, maka bawalah tas gunung. 

Jika tidak punya, kamu bisa memakai tas-tas lainnya yang sekiranya praktis atau berukuran kecil. Tujuannya, agar nantinya kamu bisa bergerak dengan leluasa dan tidak merepotkan diri sendiri atau orang lain yang ikut denganmu.

Apa yang Perlu Kamu Siapkan Selain Tips Packing di Atas?

Selain tips packing di atas, agar liburan kamu jadi lebih tenang, maka kamu perlu sekali menjaga kesehatan tubuh dan mental. Pasalnya kesehatan yang baik akan membuat kamu bisa tenang ketika berlibur.

Leave a Comment