Tips Sederhana Merawat Ban Anda agar Lebih Tahan Lama

Merawat ban tentunya sangat diperlukan agar tidak terjadi hal – hal yang tidak diinginkan. Merawat ban tentunya bisa dilakukan dengan mudah.

Tips Sederhana Merawat Ban Anda agar Lebih Tahan Lama

Merawat ban merupakan salah satu hal penting untuk kendaraan, memastikan ban terawat dengan baik maka Anda akan tetap aman dan menghemat uang Anda.

Tentu saja, dengan ban yang terawat dengan baik akan memberikan beberapa keuntungan seperti lebih awet, meningkatkan efisiensi bahan bakar,

meningkatkan efisiensi bahan bakar, meningkatkan performa berkendara, dan yang terakhir adalah berkontribusi untuk keselamatan Anda saat berkendara.

Seringkali ban diabaikan oleh pemilik kendaraan dibanding dengan komponen lainnya seperti mesin, rem, dan komponen lainnya.

Tentu saja, tanpa ban mobil Anda tidak dapat untuk turun ke jalan, sehingga ban perlu untuk dirawat dan diperhatikan seperti oli dan bensin.

Oleh karena itu, melakukan perawatan ban harus Anda lakukan, selain itu perawatan ban juga dapat dilakukan di rumah.

Lalu, bagaimana Anda merawat mobil secara mandiri? Jika Anda merupakan tipe yang sering mengganti oli mobil maka Anda kemungkinan memiliki alat yang dibutuhkan untuk melakukan perawatan mobil secara teratur.

Memahami Lampu Perawatan Ban Mobil

Sebagian besar pengendara mobil tidak akan memikirkan kondisi ban mobil sampai lampu peringatan di kluster instrument menyala.

Contohnya seperti tanda seru kuning, lampu kuning merupakan lampu peringatan untuk Sistem Pemantauan Tekanan Mobil,

saat lampu ini menyala satu atau beberapa lampu indikatornya mati maka hal ini menunjukan jika Anda perlu untuk melihat tekanan ban Anda.

Bahaya Jika Tidak Melakukan Perawatan Ban

Perlu diingat jika sangat berbahaya jika mengemudi dengan ban yang kurang angin atau kelebihan angin.

Mengapa demikian? Sebab dengan menggembungkan ban mobil dengan angin yang berlebihan dapat mengakibatkan penurunan traksi, kondisi berkendara yang buruk, ban terasa aus.

Sedangkan, untuk ban yang kurang angin dapat mengakibatkan penurunan penghematan bahan bakar, suhu ban yang tinggi, dan ban yang kurang responsive.

Mengapa Harus Merawat Ban Mobil Anda?

Melakukan perawatan ban secara praktis dan konsisten biasanya setiap tiga bulan sekali atau jika ban mobil Anda dirasa sudah tidak nyaman digunakan.

Maka dari itu, biasakan untuk memeriksa ban secara teratur misalnya setelah mencuci mobil, setelah mengganti oli, atau setelah Anda mengganti filter udara mesin,

sebelum melakukan perjalanan jauh, dan yang terakhir adalah ketika Anda memiliki waktu luang untuk merawat ban Anda.

Paling tidak, Anda merawat ban dengan cara memeriksa tekanan ban, melihat dan merasakan di sekitar ban untuk setiap area yang bermasalah.

Manfaat Merawat Ban Mobil

Tidak hanya itu saja, dengan melakukan perawatan pada ban mobil, maka Anda juga sudah merawat mobil Anda dengan lengkap.

Melakukan perawatan ban akan membantu Anda untuk memperpanjang masa pakai ban, menghemat pengeluaran bensin, membuat berkendara tetap aman, dan lainnya.

Disamping itu, satu set ban yang bagus akan membuat Anda tetap nyaman saat berkendara di jalan. Maka hal ini cukup dijadikan alasan mengapa Anda perlu merawat ban kendaran Anda.

Tips Merawat Ban Mobil

Berikut ini beberapa tips yang perlu Anda ketahui dalam merawat ban mobil And:

  • Periksa tekanan ban mobil Anda

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk memeriksa tekanan ban adalah memerlukan pengukur tekanan ban.

Periksa tekanan ban Anda setidaknya sebulan sekali saat ban terasa dingin, yaitu sebelum pergi berkendara.

  • Mencari tanda keausan mobil

Selanjutnya mencari keausan ban mobil, langkah ini cukup sederhana yaitu dengan mencari goresan, gouges, gelembung, atau retakan di pada ban mobil. Kemungkinan terdapat tanda ban sudah tua dan rusak.

  • Putar ban secara teratur

Memutar ban Anda akan memperpanjang masa pakainya dan meningkatkan kinerjanya. Anda disarankan untuk memutar ban setiap 10.000 hingga 12.000 km atau enam bulan sekali.

  • Menggunakan jenis ban yang tepat

Mendapatkan ban yang tepat akan membantu keawetan dari masa pemakaian ban.

Jika mobil Anda digunakan untuk kendaraan sehari-hari maka Anda harus menemukan ban yang tahan dengan baik untuk trek jalan raya.

  • Bersihkan ban secara teratur

Membersihkan ban adalah cara mudah untuk merawatnya.

Mengenakan penyemir ban berkualitas tinggi secara teratur adalah cara yang baik untuk menjaga ban Anda terlindung dari segala sesuatu yang bersentuhan dengannya.

Dari kotoran dan bebatuan hingga matahari, pengkilap ban yang baik dapat menjaga ban Anda dalam kondisi yang baik dan terlihat bagus.

  • Mengganti ban Anda saat dibutuhkan.

Jika ban dirasa sudah menurun performa saat mobil dijalankan maka sebaiknya segera mengganti ban Anda,

jangan ragu untuk mengganti ban meskipun harganya tidak murah. Selain itu, pastikan Anda mendapatkan ban yang tepat untuk kendaraan dan kebiasaan mengemudi Anda.

  • Simpan Ban dengan Benar

Terakhir, pastikan ban bersih, bebas dari bensin, atau bahan tambahan apa pun yang dapat merusak karet.

Jika Anda menyimpan ban di dalam ruangan, pastikan ban berada di tempat yang bersih, sejuk, dan gelap, jauh dari sinar matahari langsung atau sumber panas.

Jika Anda menyimpannya di luar ruangan, pastikan ban terangkat dari tanah dan gunakan penutup kedap air dengan lubang untuk mencegah penumpukan kelembaban.

#otomotif #ban #perawatan ban mobil

Leave a Comment