Pemerintah Kota Tangerang Menggelar Vaksinasi PCV Gratis untuk semua Bayi

Kementrian Kesehatan berkomitmen untuk menjaga semua Bayi yang baru lahir dengan dilaksanakannya Vaksinasi PCV secara bertahap.

Vaksinasi PCV

Kementerian Kesehatan memiliki komitmen untuk melindungi seluruh anak Indonesia dari ancaman pneumonia melalui pemberian vaksinasi PCV yang dilaksanakan secara bertahap dimulai pada tahun 2017.

Tahun ini yang dimulai pada tanggal 12 september hingga sekarang, seluruh anak Indonesia tanpa terkecuali akan mendapatkan manfaat perlindungan dari vaksin PCV.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang mengatakan bahwa untuk mendapatkan PCV, orangtua bisa membawa bayinya yang genap berusia dua bulan ke seluruh posyandu dan puskesmas yang ada di Kota Tangerang.

Mengenai hal tersebut, kami telah merangkum beberapa informasi terkait vaksinasi PCV di Kota Tangerang. Mari kita simak ulasannya.

Dinkes Kota Tangerang menargetkan sebanyak 13.022 Bayi untuk mendapatkan vaksinasi PCV

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang Dini Anggraeni menargetkan sebanyak 13.022 bayi akan mendapatkan vaksinasi PCV secara gratis yang dimulai pada bulan ini.

Target ini menyusul kebijakan pemberian vaksin PCV yang telah ditetapkan sebagai imunisasi rutin yang gratis.

Sebelumnya harga vaksin PCV terkenal cukup mahal antara 500 ribu hingga 1,2 juta di berbagai pusat kesehatan masyarakat (PKM).

Kepala Dinas Kesehatan Tangerang juga mengatakan bahwa dengan kebijakan vaksin atau imunisasi PCV yang diberikan gratis di berbagai layanan kesehatan terdekat seperti posyandu dan puskesmas, maka banyak bayi atau anak-anak yang bisa terlindungi dari penyakit pneumonia.

Kepala Dinas Kesehatan Tangerang juga berharap semoga orang tua atau keluarga masyarakat mengerti manfaat imunisasi ini dan membawa bayinya untuk diimunisasi di puskesmas, faskes, posyandu.

Sehingga anak-anak kita sehat dan terbentuk herd imunity Pada Tahun ini, seluruh anak Indonesia tanpa terkecuali akan mendapatkan manfaat perlindungan dari vaksin PCV.

Dalam Pelaksanaan Vaksinasi PCV oleh Dinas Kesehatan Tangerang dengan tujuan untuk mencegah bayi terkena radang paru

Dinas Kesehatan Kota Tangerang, Banten mulai melaksanakan vaksinasi PCV untuk anak usia dua bulan sebagai upaya mencegah penyakit pneumonia atau radang paru-paru.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang dr Dini Anggraeni mengatakan bahwa vaksinasi sekaligus kegiatan imunisasi ini diberikan secara gratis kepada masyarakat.

Selain itu masyarakat yang ingin mendapatkan layanan imunisasi ini, kata dia, bisa datang ke seluruh posyandu dan puskesmas di Kota Tangerang.

Dokter Dini menjelaskan bahwa Imunisasi PCV ini fungsinya adalah untuk melindungi anak-anak dari penyakit pneumonia atau radang paru-paru untuk anak-anak yang usianya genap dua bulan,” kata dr Dini dalam keterangannya.

Dokter Dini juga menjelaskan bahwa vaksinasi tersebut akan diberikan tiga kali, yakni untuk anak usia dua bulan, tiga bulan, dan 12 bulan.

Oleh karena itu masyarakat diimbau segera membawa anak-anaknya mendapatkan imunisasi PCV.

Hal ini karena kegiatan vaksinasi ini aman bagi anak-anak. Dokter Dini berpesan kepada orang tua yaitu mengajak anak-anaknya ke posyandu atau puskesmas terdekat untuk mendapatkan imunisasi PCV.

Tidak perlu takut dan khawatir karena vaksinasi ini aman bagi anak-anak karena fungsinya untuk melindungi mereka dari penyakit radang paru-paru yang disebabkan oleh infeksi,

Dinas Kesehatan DKI bersama Dinas Kesehatan Kota Tangerang akan terus berupaya untuk mengajak Orang tua untuk melakukan vaksinasi PCV untuk Anak

Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI dan Dinas Kesehatan Kota Tangerang akan terus berupaya untuk mengajak orang tua di Jakarta untuk memanfaatkan proses vaksinasi PCV pada bayi di Puskesmas Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat dan Puskesmas Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur maupun Kota Tangerang.

Pneumonia merupakan penyebab utama kematian bayi dan balita di Indonesia.

Pemerintah berkomitmen untuk menurunkan angka kematian bayi dan balita serta pencegahan stunting yang disebabkan oleh pneumonia melalui pemberian vaksinasi ini dalam program imunisasi nasional.

Introduksi vaksinasi iniPCV di Indonesia diawali dengan pelaksanaan program.

Pada tahun ini, estimasi sasaran introduksi imunisasi PCV di DKI Jakarta sebesar 56.417 bayi.

Pada pelaksanaan vaksinasi ini sampai dengan pukul 12.00 WIB, sebanyak 302 anak sudah diimunisasi PCV gratis di seluruh DKI Jakarta.

Pelaksanaan imunisasi dapat dilakukan di posyandu, puskesmas, rumah sakit pemerintah, rumah sakit swasta, klinik, praktik mandiri dokter,

praktik mandiri bidan, dan fasilitas-fasilitas pelayanan kesehatan lainnya yang memberikan layanan imunisasi.

DKI Jakarta telah menyiapkan 5.100 lokasi imunisasi PCV dengan target penyuntikan 700 bayi per hari.

Dinas Kesehatan berharap agar pelaksanaan vaksinasi tersebut dapat berjalan dengan lancar dan bayi hingga balita dapat tumbuh sehat di masa depan.

Hal ini merupakan harapan orang tua terkait vaksinasi tersebut.

Leave a Comment