Virtual Reality Adalah: Definisi, Jenis dan Cara Kerjanya!

Virtual reality atau realitas virtual adalah sebuah teknologi canggih yang memungkinkan kamu dengan lingkungan virtual fiktif. Istilah ini memang cukup terkenal di dunia teknologi pada saat ini. Lalu, apa sebenarnya realitas virtual itu?

Apa Itu Virtual Reality?

Virtual reality (VR) adalah sebuah teknologi yang bisa membuat kamu dapat berinteraksi dengan lingkungan yang ada di dunia maya. Menarik, bukan?

Teknologi ini bisa membuat kamu seperti berada di lingkungan yang ada di dalam alat ini. Tidak hanya itu, alat ini juga sudah memiliki multisensor stimulasi sehingga bisa memungkinkan kamu melihat jalan, mendengar, mencium bau, hingga merasakan getaran.

VR ada banyak jenisnya, mulai dari jenis dengan harga termurah hingga yang tertinggi. Agar lebih jelasnya, yuk simak uraian tentang jenis-jenis VR!

Jenis-Jenis VR

Adapun jenis teknologi virtual reality yang penting kamu ketahui antara lain:

1. Entry-Level Mobile VR

Entry-level mobile VR merupakan jenis VR yang memiliki harga paling murah. Hal ini karena cara kerjanya yang sangat sederhana. Biasanya, VR ini terbuat dari kertas karton tebal plastik dan tidak adanya perangkat elektronik sama sekali. 

Alat ini bisa memungkinkan kamu bermain game VR berbasis smartphone Android sampai-sampai bisa melihat foto atau video 3D hingga 360°. Tertarik untuk mencoba?

2. Mobile VR

Hampir sama dengan jenis VR sebelumnya, VR ini juga memanfaatkan smartphone sebagai sumber prosesnya. Perbedaannya mungkin hanya pada perangkat yang digunakan, di mana pada mobile virtual reality headset dilengkapi dengan komponen elektronik. 

Mobil VR ini sudah memiliki tracking sensor, built-in control dan focus adjustment. Ketiga komponen ini bisa menambah keseruan ketika kamu bermain game VR ini.

3. High-Level VR

Jenis virtual reality selanjutnya yaitu high-level VR. Ini merupakan jenis VR yang memiliki kualitas yang lebih tinggi daripada VR sebelumnya. 

virtual reality

Hal ini karena VR high-level sudah menggunakan teknologi komputer atau perangkat game konsol dalam penggunaannya. Salah satu contoh dari perangkat ini yaitu Oculus Rift dan HTC Vive.  

Kualitas nya yang lebih tinggi daripada jenis VR sebelumnya membuat harga VR ini tentunya lebih tinggi juga daripada harga VR sebelumnya. Adapun untuk harganya berkisar mulai dari dari Rp4 jutaan hingga Rp10 jutaan.

4. Virtual Mobile Theater

Dari namanya saja kamu sudah bisa menebak bahwa teknologi virtual reality ini adalah perangkat yang biasanya digunakan untuk menonton film. Jadi alat ini bukan untuk bermain game seperti jenis VR sebelumnya, ya!

Mengenai kualitasnya tidak perlu kamu ragukan lagi. Produk ini menawarkan virtual film berkualitas tinggi, sehingga bisa membuat kamu seperti masuk di dalam adegan tersebut.

Adapun untuk harga alat VR ini cukuplah mahal, bahkan belum banyak yang memproduksinya saat ini. Namun beberapa sudah ada yang menjualnya, salah satunya Sony HMZ-T1 dengan harga Rp9.600.000. Harga yang fantastis, bukan?

5. Augmented Reality Headset

Jenis teknologi virtual reality yang terakhir adalah augmented reality headset. VR ini merupakan teknologi penggabungan antara dunia nyata dengan objek grafis yang diciptakan atau generated melalui komputer.

Teknologi ini bisa membuat kualitas video dari alat ini sungguh luar biasa. Bahkan kamu seperti berada di dunia video yang sedang kamu jalankan pada perangkat ini. 

Namun karena kelebihannya ini membuat harga alatnya sangatlah fantastis. Bahkan salah satu contoh perangkat augmented reality ini yaitu Microsoft HoloLens, harganya mencapai Rp51 juta. 

Cara Kerja VR

Cara kerja dari virtual reality sangatlah sederhana, dimulai dengan user melihat suatu dunia yang semu atau bukan dunia nyata. Dunia ini merupakan hasil dari gambar-gambar dinamis hasil simulasi komputer. 

Kemudian melalui alat berbentuk seperti kacamata VR ini, seorang user dapat berinteraksi dengan dunia semu tersebut. Bukannya hanya berinteraksi tetapi juga bisa mendapatkan umpan balik yang seolah-olah nyata, baik secara fisik maupun fiksi. Menarik ya?

Sudah Lebih Tahu Virtual Reality?

Saat ini virtual reality sudah banyak tersedia di beberapa tempat rekreasi, bahkan sudah ada VR untuk setiap tempat wisata. Selanjutnya akan ada VR untuk wisata Candi Borobudur, loh. Jadi bagi kamu yang belum pernah dan ingin melihat Candi Borobudur, bisa mencoba ini ya!

Leave a Comment