7 Lokasi Wisata Terkenal di Turki yang Berkelas Dunia

Turki ialah sebuah negara yang mayoritas penduduknya beragama islam. Meskipun negeri ini sekilas tampak mirip Arab Saudi, ternyata Turki memiliki keindahannya tersendiri, yaitu macam-macam destinasi wisata. Apakah kamu penasaran? Bacalah artikel ini untuk mengetahui lokasi wisata terkenal di Turki.

Destinasi Wisata Terkenal di Turki

Dari sekian banyak tempat di negara Turki yang diakui sebagai lokasi wisata berkelas dunia, ada beberapa destinasi yang keindahannya tiada duanya. Berikut ini ialah penjelasan tentang 7 tempat wisata paling terkenal di Turki.

1. Museum Hagia Sophia

Di nomor satu, lokasi wisata terkenal di Turki ialah sebuah museum bernama Hagia Sophia. Tahukah kamu bahwa dulunya Hagia Sophia ini adalah gereja kaum Kristen Ortodoks, sebelum direnovasi menjadi masjid? Hal ini terjadi pada tahun 1453, ketika Khalifah Ottoman berhasil mengalahkan Kerajaan Byzantium.

Semenjak pergantian kekuasaan di negara tersebut, ornamen nuansa islami menghiasi bangunan ini. Kendati demikian, banyak pula ornamen-ornamen Kristen yang pengelola simpan sebagai upaya pelestarian sejarah religi.

2. Wisata Istana Topkapi

Ini merupakan salah satu lokasi wisata terkenal di Turki peninggalan kekhalifahan Turki Utsmani. Istana Topkapi mempunyai keindahan berupa kaligrafi yang menghiasi banyak dindingnya, serta konstruksi gaya Baroque dari keramik yang motifnya beraneka ragam.

wisata terkenal di turki

Status Istana Topkapi sekarang adalah sebagai sebuah museum seperti Hagia Sophia. Namun di dalam kompleks istana tersebut, kamu akan mendapati adanya bangunan lain seperti perpustakaan, masjid, dan taman yang luas.

3. Masjid Biru

Apabila kamu menyukai wisata religi ke masjid-masjid, cobalah berkunjung ke Masjid Biru Istanbul. Keramik-keramik dinding serta kaca kubah masjid ini semuanya berwarna biru, sehingga menghasilkan arsitektur yang cantik dan berkesan. 

Saat berkunjung ke salah satu wisata terkenal di Turki ini, harap berpakaianlah dengan sopan dan rapi jika kamu ingin memasuki masjid ini.

Masjid Biru Istanbul, beserta enam menara yang mengitarinya, adalah hasil karya Sultan Ahmed 1 dan para anak buahnya. Pembangunannya memakan waktu cukup lama, mulai dari tahun 1609 hingga tahun 1616.

4. Wisata Jalan Istiklal

Bagi kamu yang lebih suka sekadar berjalan-jalan sambil menikmati pemandangan kota, Jalan Istiklal di Istanbul adalah pilihan untukmu. Jalan ini mengelilingi kompleks bangunan peninggalan kekhalifahan Utsmaniyah yang masih ada hingga saat ini.

Panjangnya ada kurang lebih 1,4 kilometer. Namun di sepanjang Jalan Istiklal, kamu bisa melihat dan berkunjung ke segala macam toko. Ada toko buku, toko busana, kafe, serta bioskop.

5. Pasar Grand Bazaar

Setelah kamu puas berjalan-jalan di tempat-tempat wisata terkenal di Turki, tentunya kamu ingin pulang membawa oleh-oleh, bukan? Datanglah ke pasar Grand Bazaar yang megah dan penuh dengan ribuan pernak-pernik khas Turki.

Kamu akan menemukan segala macam oleh-oleh yang harganya dijamin terjangkau. Ada sandal dan sepatu, busana muslim, serta perhiasan seperti kalung dan cincin dari batu mulia. Belum lagi pernak-pernik seperti sajadah, parfum, dan kaligrafi islami yang desainnya mengagumkan.

6. Jembatan Galata

Adapun destinasi wisata terkenal di Turki selanjutnya yaitu Jembatan Galata, yang memiliki 2 tingkat. Kok bisa sebuah jembatan dibuat menjadi 2 tingkat? Bagian atasnya ternyata berfungsi sebagai jalur lalu lintas kendaraan dan para pejalan kaki. Sementara itu, bagian bawahnya berisi kafe dan restoran mewah.

Pembangunan Jembatan Galata ini bermula pada tahun 1836, dan terus mengalami renovasi hingga tahun 2003 kesini. Renovasi dan pemeliharaan yang berkelanjutan itulah yang memungkinkan Jembatan Galata mempunyai 2 tingkat.

7. Pantai Cleopatra

Pada bagian terakhir, kamu bisa berkunjung ke Pantai Cleopatra jika kamu menyukai suasana alami. Pantai ini memiliki pasir berwarna putih dan lautan biru jernih sehingga cocok untuk menikmati liburan dengan tenang. 

Apabila kamu perlu tempat bermalam di sekitar Pantai Cleopatra, kamu bisa menginap di hotel-hotel pinggir pantai.

Pantai Cleopatra juga sangat populer di kalangan pecinta olahraga air. Kabarnya, laut di lepas pantai ini memiliki gulungan ombak yang menantang bagi peselancar.

Mau Berkunjung ke Lokasi Wisata Terkenal di Turki Tersebut?

Itulah pembahasan singkat mengenai macam-macam tempat wisata di Turki yang terkenal di kalangan pelancong mancanegara. Apakah kamu berminat untuk menjelajahi negara ini? Jangan lupa persiapkan hal-hal seperti paspor, visa, dan uang demi kelancaran perjalanan kamu.

Leave a Comment